Biografi BJ Habibie: Ilmuwan Yang Beranjak Menjadi Presiden

SHARE:

Bacharuddin Jusuf Habibie, seorang pria yang sudah berumur namun beliau merupakan tokoh panutan yang membanggakan bagi negeri ini. Ada dua sebutan yang bisa kita sebut untuk sosok ini, pertama sebagai bapak ilmuwan Indonesia, kedua sebagai bapak presiden.
blog.ruangguru.com
id.wikipedia.org
Pria gaek yang lahir pada 25 Juni 1936, Pare-Pare, Sulawesi Selatan ini merupakan putra keempat dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Di masa kecil, Habibie melaluinya dengan saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Habibie memiliki sifat yang tegas berpegang pada prinsip, sifat itu sudah dapat terlihat sejak Habibie masih kecil.

Habibie gemar berkuda dan membaca, wajar bila beliau dikenal sangat cerdas sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Sayang, ayahanda dari Habibie meninggal dunia pada 3 September 1950 karena beliau mengalami serangan jantung ketika sedang melaksanakan shalat Isya.
www.asiabusinessinfo.com
Pasca ayahanda Habibie meninggal, Ibunda dari Habibie kemudian berinisiatif untuk menjual rumah dan kendaraannya lalu berpindah ke pulau Jawa, tepatnya di Bandung. Layaknya seorang ayah, Ibunda Habibie juga membanting tulang demi kehidupan anak-anaknya khususnya Habibie.

Jejak Pendidikan

Karena Habibie memiliki keinginan belajar yang tinggi, Habibie menimba ilmu di Gouvernments Middlebare School. Saat SMA, prestasi dari Habibie sudah mulai mencuat, khususnya pada pelajaran-pelajaran yang eksakta hal ini menjadikan Habibie menjadi pelajar favorit di sekolahnya.

Dengan prestasi dan kecerdasan yang dimiliki Habibie, setelah selesai mengemban pendidikan SMA di Bandung 1954, Habibie masuk ke Universitas Indonesia Bandung (Kini Institut Teknologi Bandung), tak berapa lama di ITB Habibie mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan studinya di Jerman, mengingat nasihat dan pesan dari Bung Karno saat itu bahwa pentingnya Dirgantara dan industri penerbangan di Indonesia. Habibie mengambil jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi studi Konstruksi Pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH).

Sesampainya di Jerman, Habibie mempunyai tekad untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh. Mengingat perjuangan sang ibunda yang banting tulang demi mencukupi kebutuhan kuliah Habibie dan kehidupan sehari-hari.

Di tahun 1955, di Aachean, 99% mahasiswa asal Indonesia yang belajar di sana mendapatkan beasiswa penuh. Hanya Habibie yang masih memegang paspor hijau atau swasta dari pada teman-temannya yang lain.

Disaat liburan semester atau musim libur, Habibie memanfaatkan kesempatan tersebut untuk ujian dan mencari uang guna dapat membeli buku, karena semasa liburan selesai tak ada kegiatan lain kecuali belajar. Hal ini berbeda dengan mahasiswa Indonesia yang berada di sana pada umumnya yang memanfaatkan musim libur dengan bekerja untuk mencari pengalaman dan uang saku tambahan.

Di tahun 1960, Habibie mendapatkan gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule dengan menyandang predikat Cumlaude (Sempurna) dan memperoleh nilai rata-rata 9,5. Setelah mendapatkan gelar Insinyur tersebut, Habibie melamar pekerjaan di Firma Talbot, salah satu indutri kereta api di Jerman.

Saat itu Firma Talbot memang sedang membutuhkan sebuah wagon yang memiliki volume besar untuk mengangkut barang-barang yang ringan namun dapat memuat banyak. Saat itu Talbot membutuhkan 1000 wagon. Melihat permintaan itu, Habibie mencoba menerapkan konstruksi membuat sayap pesawat pada wagon, dan hasilnya Habibie berhasil menerapkan itu.

Selanjutnya, beliau melanjutkan studinya ke jenjang S3 guna mendapatkan gelar Doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean. Dan di tahun 1962, Habibie menikahi seorang wanita bernama Hasrie Ainun Besari. Setelah menikah, Habibie membawa keluarga kecilnya ke Jerman, perjuangan hidupnya semakin keras, sampai-sampai di setiap pagi buta Habibie harus berjalan kaki dengan cepat ke tempat kerjanya yang berlokasi jauh dari kediamannya demi menghemat pengeluaran saat itu.

Kehidupan penghematan ini juga diterapkan oleh istrinya, Ainun. Ainun harus mengantri di tempat pencucian umum guna mencuci baju karena itu akan lebih menghemat pengeluaran bila dibanding mencuci di rumah.

Jerih payah Habibie melanjutkan S3 nya saat sudah memiliki keluarga ternyata membuahkan hasil, 1965 Habibie mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan predikat summa cumlaude (sangat sempurna) karena memiliki nilai rata-rata 10 dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean.

Rumus Habibie

Bukan sekedar mendapatkan gelar Doktor, dengan gelar Doktornya tersebut Habibie berhasil menemukan sebuah rumus yang diberi nama “Faktor Habibie”, rumus ini dapat menghitung keretakan atau crack propagation on random sampai ke bagian atom-atom pesawat terbang hingga di juluki “Mr. Crack” di kalangan insinyur.

Karena prestasi dan kecerdasan yang dimiliki Habibie inilah yang menuntun dirinya menjadi orang yang diakui oleh lembaga Internasional seperti, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l'Air et de l'Espace (Prancis) dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

Pada tahun 1967 Habibie dinobatkan sebagai Profesor Kehormatan (Guru Besar) di Institut Teknologi Bandung. Selain dinobatkan gelar sebagai Guru Besar Habibie juga menerima penghargaan di antaranya, Edward Warner Award dan Award von Karman yang disebut bahwa setara dengan Hadiah Nobel. Sedangkan dari ITB, Habibie juga mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana.

Setiap langkah dari Habibie selalu dikagumi banyak orang, penuh dengan kontroversi, namun banyak pula orang yang tak sependapat dengan dirinya. Sering kali,  si penerima banyak penghargaan dari lembaga Internasional itu pulang ke kampung halaman keduanya di Jerman, namanya selalu muncul di berita.

Sebelum beranjak ke kursi presiden saat itu, ia dipercaya sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di MBB serta menjadi Penasihat Senior bidang teknologi untuk Dewan Direktur MBB (1978)

Kiprah di Indonesia

Sejarah-negara.com
Selama di Indonesia, Habibie menjabat sebagai Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT selama 20 tahun, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia yang dipilih oleh MPR, dan diambil sumpah oleh Ketua MA (Mahkamah Agung) untuk menjadi Presiden pengganti Soeharto.
Turunnya Presiden Soeharto dari kursi kepresidenan pada tanggal 21 Mei 1998 menjadi awal dimulainya era reformasi di Indonesia. Dengan naiknya Bacharuddin Jusuf Habibie ke kursi kepresidenan menggantikan Soeharto merupakan momentum awal dari adanya perkembangan kehidupan politik, ekonomi, dan sosial pascatanggal 21 Mei 1998.
Penyerahan jabatan presiden oleh Soearto kepada Habibie kala itu berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirya Habibie juga dipaksa turun karena referendum Timor Timur yang memutuskan merdeka. Pidato yang berisi pertanggungjawabannya ditolak MPR RI, Habibie memutuskan untuk menjadi warga negara biasa, dan kembali ke Jerman.

Kisah Habibie dan Ainun


Tak hanya perjalanan hidup di dunia keilmuan dan politik saja yang ada dalam Biografi BJ Habibie, namun romantika Habibie dan Ainun juga menjadi sesuatu yang pantas diperbincangkan.
Kisah cinta yang terpisah oleh maut, Hasri Ainun meninggal di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat, Jerman. Kepergian Ainun tentunya membuat Habibie begitu sedih, karena di sinilah cinta mereka terputus oleh maut. Kisah dua manusia yang saling melengkapi dan mendukung satu sama lain membuat semua orang ingin seperti mereka.
Habibie sering mengatakan bahwa Ainun merupakan segalanya, bahkan dia adalah cahaya untuk menerangkan hidup Habibie.
Beliau mengatakan bahwa selama 48 tahun, sosok Ainun tak pernah terpisah dalam hidupnya, kemana saja Habibie melangkah, Ainun selalu menemani. Bahkan saking cintanya Ainun, menjelang maut menjemput, pada hari ketiga seelumnya Ainun baru menceritakan bahwa dirinya mengidap sakit kanker.
Bahkan romantika dari Habibie dan Ainun ini meenjadi sebuah referensi dalam membuat film bernuansa cinta. Terbukti pada tahun 2012, sebuah film anak bangsa berjudul “Habibie dan Ainun” diluncurkan. Film ini beradaptasi dari buku terlaris karya Habibie, Tahukah sobat ngelmu? Banyak kisah menarik tentang cinta dari Biografi BJ Habibie

Novel Ditulis Sendiri

Sebelum diangkat ke layar lebar. Drama cinta Habibie dan Ainun sudah ditulis sendiri oleh Habibie untuk mengenang mendiang istrinya. Novel ini ditulis dalam empat bahasa yaitu Inggris, Indonesia tentunya, Jerman, dan Arab bahkan telah dinobatkan sebagai buku best seller di tahun 2011.
keepo.me

Berasal dari SMA yang Sama

Pertemuan awal pertama Habibie dan Ainun adalah sekolah menengah atas di Bandung. Habibie dan Ainun merupakan siswa-siswi teladan karena mereka selalu menjadi juara kelas di angkatan mereka. Semasa di sekolahnya dulu, Habibie dan Ainun sering mengerjakan soal yang berkaitan dengan kitab Injil, mesipun begitu Habibie merupakan seorang Muslim yang taat beribadah.

Pernah Bertanya Kenapa Ainun Hitam dan Gendut

Saat duduk di bangku SMA Habibie pernah bertanya secara langsung kepada Ainun kenapa kok dia memiliki wajah hitam dan gendut. Setelah bertahun-bertahun berada Jerman Akhirnya Habibie pulang ke Indonesia dan saat itu Habibie berkunjung ke rumah Ainun. Ketika jamuan makan Habibie menatap tajam mata mereka ketika mengobrol santai mulai dari ayah dari Ainun, ibu dari Ainun, dan ketika mata Habibie menatap Ainun saat itulah mata Habibie terdiam karena wajah Ibu Ainun yang meluluhkan hatinya.
” Gula jawa, telah menjadi gula pasir.” begitulah candaan yang dikeluarkan Habibie waktu itu.
brilio.net

Habibie Hampir Masuk Rumah Sakit Jiwa

Seminggu setelah Ibu Ainun Meninggal dunia karena kanker ovarium stadium empat. Habibie sangat terpukul sekali. “jam dua pagi saya terbangun dengan piyama, tanpa sandal, dan menangis seperti seorang anak yang sedang mencari ibunya” tutur Habibie dalam preimer film Habibie dan Ainun di Plaza Senayan 19 Desember 2012 silam. Setelah diperiksa oleh tim dokter dari Indonesia dan Jerman. Habibie diberikan 4 opsi pilihan. Yang pertama Habibie harus dirawat ke rumah sakit psikiatris yaitu rumah sakit yang khusus untuk menangani pasien sakit jiwa atau ketiga opsi lain, namun Habibie memilih opsi yang terakhir yaitu berbicara kepada diri sendiri. Oleh karena itu seperti di dalam film yang ia lakukan pertama kali adalah kembali ke tempat ketika bertemu Ainun ketika menjadi manusia dewasa. Habibie pulang ke rumah almarhum Ainun dan mengingat segalanya tentang istri tercinta. Dengan cara itulah Habibie dapat memulihkan diri.



COMMENTS

Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,1,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,17,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,6,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,76,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,204,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,kjp,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,114,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,33,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,33,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,51,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,20,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,33,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,3,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,16,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Biografi BJ Habibie: Ilmuwan Yang Beranjak Menjadi Presiden
Biografi BJ Habibie: Ilmuwan Yang Beranjak Menjadi Presiden
https://3.bp.blogspot.com/-Fo7I3VRzKaw/V7baeyhM08I/AAAAAAAABr8/IOAnQp4tu5EbiyDVcJwhxR-vCY1WsCNiACLcB/s640/habibie3.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Fo7I3VRzKaw/V7baeyhM08I/AAAAAAAABr8/IOAnQp4tu5EbiyDVcJwhxR-vCY1WsCNiACLcB/s72-c/habibie3.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/08/biografi-bj-habibie.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/08/biografi-bj-habibie.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy