Ikan Paus dan Jenis-Jenisnya yang Terkenal di Seluruh Dunia

Paus adalah mamalia laut yang sangat besar, banyak yang menyebut hewan ini dengan kata Ikan Paus. Padahal tidak semua hewan yang hidup di laut atau perairan kita dapat menyebutnya dengan kata ikan.

Paus dan Lumba-lumba misalkan, kedua hewan ini meskipun mereka berada dan hidup didalam lautan namun Paus dan Lumba-lumba bukanlah seekor ikan. Paus dan Lumba-luma merupakan hewan dari kelas mamalia.

Namun pada kesempatan kali ini, ngelmu hanya akan mengajak sobat ke  akan kenalan lebih dekat dengan Paus. Paus mempunyai postur tubuh yang besar, cerdas dan hidup bebas di samudera. Saat ikan-ikan bernapas menggunakan insang, berbeda dengan paus yang menggunakan paru-paru inilah letak perbedaan paling mendasar antara paus dan ikan meski sama-sama hidup di dalam lautan bebas.

Istilah “Paus” berasal dari istilah yang diberikan kepada anggota bangsa Catacea yang besar. Paus atau lodan memiliki gigi yang cukup besar dan dapat hidup di bawah laut untuk hidup selamanya, berbeda dengan manati atau sapi laut. Oleh sebab itu, paus dapat sangat mudah untuk beradaptasi meski di kedalaman laut yang tak terukur dalamnya.

Secara Garis Besar Paus mempunyai ciri Berikut:
  • Bernapas melalui paru-paru
  • Memiliki sedikit rambut halus
  • Berdarah panas
  • Memiliki hati dengan empat bilik
  • Kelenjar susu.
Sekitar 50 Juta tahun yang lalu atau pada pertengahan zaman Eocene paus purba berevolusi. Dalam catatan sejarah dunia fauna laut menyebutkan bahwa Paus terawal yang punah adalah Basilosaurus dengan ciri fisik yaitu berkepala kecil, bergigi tajam dan bermoncong. Panjang dari Basilosaurus diperkirakan sekitar 25 meter.

Di era saat ini hanya dua kelompok paus yang terkenal, yaitu Paus Bergigi (Odontoceti) dan Paus tidak bergigi (Mysticeti). Kelompok Paus bergigi atau Odontoceti merupakan predator yang memangsa ikan, cumi-cumi dan mamalia laut. Memiliki lubang pernapasan juga berkerabat dengan lumba-lumba. 

Kelompok Paus tidak bergigi atau mysticeti mempunyai ciri fisik yang lebih besar dibanding dengan paus bergigi. Memiliki sturktur gigi dengan bentuk menyerupai sikat yang dikenal sebagai balin. Fungsi dari balin adalah untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus tidak bergigi yang mempunyai balin memiliki karakteristik yang juga berbeda dengan Paus predator yaitu memiliki dua lubang pernapasan.

Berikut adalah jenis-jenis mamalia paus yang terkenal di seluruh dunia:

Pertama, adalah paus tidak bergigi (mysticeti). Kelompok paus ini hanya memiliki gigi berjumlah satu saja, namun terdapat struktur gigi yang memiliki istilah baleen serupa dengan sikat. Paus Baleen bukanlah tipe perenang cepat hal ini dikarenakan paus baleen tidak mempunyai sirip belakang. Jikapun ada, ukurannya begitu kecil. Berikut ini adalah lima jenis paus baleen yang dikenal di seluruh dunia:

Blue Whale (Paus Biru)

biganimals.com
Nama ilmiah dari Paus biru adalah Balaenoptera musculus, adalah makhluk hidup yang berukuran sangat besar di jagat raya. Yang membuat gelar mamalia terbesar ini dikarenakan panjangnya yang mencapai angka 100 feet atau sekitar 30.5 meter dan berat tubuhnya yang berkisar antara 100.000 kg atau 100 ton sampai 150 ton atau jika ditempatkan di atas tanah diperkirakan sama dengan panjang 10 mobil keluarga yang diparkirkan. Ukuran jantung dari paus biru adalah seukuran satu unit mobil.

Paus yang berasal dari kelompok paus baleen ini juga mempunyai keunikan lain yaitu mempunyai sirip yang kecil di belakang dan menurun hampir lebih dari setengah punggungnya. Warna dari paus biru yaitu perpaduan antara biru keabu-abuan dengan tutul-tutul di atasnya. Sejak ribuan tahun lalu, para pelaut seperti nelayan, perompak atau penjelajah dunia jarang sekali menemukan mamalia raksasa ini.

Sekalipun melihat, mereka akan langsung menghindari secepatnya karena rasa takut melihat mamalia yang besar ini. Alasan yang wajar bagi orang awam seperti kita bila menemukan makhluk dengan ukuran yang jauh lebih besar dari kapal laut yang kita tumpangi di laut.

Salah satu ciri khas yang paling spektakuler tentang Paus Biru adalah suara-suara yang dihasilkan oleh mereka. Para peneliti telah mengukur suara-suara frekuensi rendah yang dihasilkan oleh paus biru untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan decible meter, tercatat suara yang dihasilkan paus biru sekeras 188 decible dan dapat didengar dengan jarak 848 km.

Bowhead Whale (Paus Bungkuk) 

www.australia.com
Nama ilmiah dari Paus Bungkuk adalah Balaenammysticetus. Paus baleen yang satu ini juga mempunyai sebutan lain yaitu paus kepala busur, dinamakan kepala busur untuk dirinya karena rahangnya tinggi dan melengkun seperti cacat. 

Paus bungkuk yang berwarna hitam ini hidup di daerah dingin seperti perairan Artic. Itulah sebabnya, paus bungkuk memiliki lemak dengan tebal 45 cm. Dari lemak yang tebal itu pula kamu dapat mengerti mengapa dinamakan paus bungkuk. Berguna untuk menghangatkan dan melindungi paus ini dari dinginnya perairan Artic yang begitu rendah.

Sama halnya dengan ikan dan mamalia laut lainnya, paus bungkuk mempunyai sirip depan atau pektoral yang berfungsi membantu mengubah haluan arah dan mengontrol kecepatan saat berenang. Dengan sirip depannya, paus bungkuk dapat berhenti, berenang mundur dan meloncat keluar dari air dengan mengepakkan sirip depan.

Kalau fungsi sirip depan paus bungkuk untuk mengatur arah dan kecepatan berenang, maka fungsi dari sirip ekor dari paus bungkuk yang menyerupai bulan sabit yang berlekuk pada tengahnya dan berposisi memanjang ke arah samping.

Paus bungkuk memiliki teknik berburu yang unik dikenal dengan teknik “Jala gelembung”. Teknik jala gelembung ini adalah paus berenang melingkari posisi mangsanya, lalu sedikit membuka lubang pernapasannya guna menghasilkan gelembung-gelembung yang akhirnya mangsa terjebak ditengah-tengah gelembung. Dengan berenang secara mendadak ke arah mangsa sambil membuka lebar.

Paus bungkuk kerap melakukan migrasi ke kawasan tropis dan sub tropis guna berkembang biak di perairan yang bebas es. Uniknya lagi, saat rombongan paus bungkuk sampai di kawasan perairan tujuan, barulah dimulai persaingan untuk mendapatkan pasangan berkembang biak. Tak jarang terjadi aksi saling tabrak antar paus bungkuk jantan. Ketika sudah mendapatkan betina pasangannya, maka keduanya akan berenang bersama dan terjadi perkawinan.

Seekor paus bungkuk mempunyai panjang tubuh maksimal 15 meter atau separuh dari paus biru dan usia maksimal paus ini yaitu 95 tahun. Cara membedakan paus bungkuk betina dan jantan cukup mudah, ukuran paus bungkuk betina nampak jauh lebih besar dibanding paus bungkuk jantan.

Populasi paus bungkuk mengalami penurunan drastis sejak tahun 1966. Hal ini dikarenakan diantara tahun 1900 dan 1940, terdapat 100.000 paus bungkuk diperkirakan mati diburu oleh manusia untuk keuntungannya. Minyaknya dapat diolah menjadi bahan bakar, pelumas, bahan kosmetik, minyak goreng dan mentega. Saat ini jumlah paus bungkuk yang masih menghuni kehidupan laut bebas kurang dari 10.000 ekor. 

Sekarang, paus bungkuk dijadikan sebagai objek wisata favorit para penggila fauna laut karena paus bungkuk mempunyai kebiasaan menampakkan diri beramai-ramai. Terkadang paus bungkuk juga ditemukan mati akibat tertabrak oleh kapal karena sonar yang digunakan oleh kapal dan peralatan elektronik samudera diindikasikan mengganggu sistem navigasi paus bungkuk.

Paus Sirip

fineartamerica.com
Nama ilmiah dari Paus Sirip adalah Balaenoptera physalus mamalia laut kedua yang menempati posisi kedua sebagai hewan laut terbesar di dunia. Panjangnya diperkirakan mencapai 27 meter, dengan berat hingga 70 ton. Raksasa yang satu ini sama banyaknya dengan paus biru. 

Karakter fisik Paus jenis ini adalah bentuknya memanjang dan ramping (serupa dengan paus biru) memiliki warna kulit abu-abu dan kecoklatan.  Bentuknya yang simetris ditambah pola menarik dari tubuh mereka yang terletak pada bagian sirip belakang. Ekor ikan paus begitu lebar, dengan corak khusus di tengah-tengahnya.

Terdapat dua sub species dari Paus Sirip yaitu Paus Sirip Utara yang habitatnya di Atlantik Utara. Dan yang satu lagi lebih besar Paus sirip Antartika di Samudera daerah Selatan. Paus sirip hanya memakan ikan kecil, krill, cumi-cumi, plankton dan lainnya. Setiap hari mampu menghabiskan makan sampai 2000 kilogram makanan.

Usia dari paus sirip mampu hidup mencapai umur antara 25 hingga30 tahun, bisa juga lebih.  Paus yang baru lahir  memiliki bobot sekitar 1.800 kilogram dengan panjang 6,5 m. Paus Sirip betina mengandung selama 8 hingga 12 bulan lamanya lalu menyusui hingga berumur 7 sampai 8 bulan ketika panjang anaknya mencapai 11-12 meter.

Indukan dari  Paus Sirip dapat hamil 2 sampai 3 tahun sekali dan kematangan seksnya dimulai sejak umur 3-12 th. Paus sirip mampu menyelam sampai kedalaman 500 meter dan dengan waktu berkisar penyelaman 10-15 menit. Kecepatan berenangnya bisa mencapai 37 km/h.

Paus Abu-Abu (Gray Whale) 

fineartamerica.com

Paus ini memiliki berat sekitar 36 ton dan panjang yang mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter. Paus ini memiliki jambang dekat mulut untuk mendeteksi lingkungan sekitarnya. Paus abu-abu berkembang biak di Samudera Atlantik sejak beberapa ratus tahun lalu, lalu sempat dikabarkan punah secara misterius.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Ecology Molecular menunjukkan suhu air laut yang meningkat akibat perubahan iklim ternyata membantu paus abu-abu kembali ke habitat lama seperti dahulu sekali lagi.

Paus abu-abu tidak bermigrasi secara rombongan dengan jumlah yang besar, terkadang mereka juga bermigrasi dengan jumlah yang sedikit.

Paus Sikat (Right Whale)

whaleman.org
Meskipun secara fisik paus baleen yang satu ini tubuhnya terlihat tipis. Namun jangan remehkan paus sikat ini, bobot dari tubuhnya dapat mencapai 100 ton dengan panjang tubuh sekitar 60 feet atau 18 meter. Karakter unik dari paus sikat adalah terdapat kulit yang menyerupai kapalan atau panu dekat daerah kepala. Uniknya pun semakin terlihat jelas ketika melihat lubang pernapasan paus ini yang serupa dengan huruf V. Warna dari tubuh paus sikat ini ada dua macam yang mencolok yaitu hitam dan ada pula yang berwarna abu-abu tua.

Sejumlah peneliti telah mengindentifikasi 4 kelompok dari paus sikat. Sekitar 25 ekor hidup di Pasifik Utara dan sekitar 15.000an paus sikat hidup di daerah selatan Pasifik. Dan yang lainnya berjumlah 400 ekor paus sikat masih hidup di kawasan perairan Atlantik utara.

Berikutnya adalah jenis Paus dari Kelompok Paus bergigi atau Odontoceti, dengan mempunyai ciri fisik yang lebih kecil bila dibandingkan dengan paus tidak bergigi. Paus Odontoceti merupakan mamalia predator yang memangsa hewan laut seperti cumi-cumi, ikan-ikan kecil, dan lainnya. Namun paus bergigi memiliki keakraban dengan lumba-lumba dan atau pesut. Kepingin lebih jelas, berikut adalah jenis-jenis paus dari kelompok paus Odontoceti.

Paus Pembunuh (Orca)

indonesiaglory.com
Paus Pembunuh ini memiliki nama ilmiah Orcinus orca, merupakan mamalia terbesar dari keluaga paus Odontoceti yang serupa dengan keluarga lumba-lumba. Meskipun hewan ini berpiawai dalam akrobatik seperti lumba-lumba, karena ukurannya sangat besar maka tetap saja hewan ini adalah seekor paus. Orca dapat mudah ditemukan di seluruh samudera, mulai dari kawasan yang bersuhu rendah seperti Artik dan Antartika hingga perairan yang bersuhu hangat. Dikatakan sebagai paus pembunuh karena Orca merupakan predator puncak di dalam laut. Kebanyakan Orca memakan ikan-ikan dari ukuran kecil hingga sedang, sementara Orca yang lain juga ada yang memangsa mamalia lat seperti singa laut, anjing laut, walrus dan bahkan paus besar.

Pada 04 Oktober 1997 silam di kawasan lepas pantai California Amerika Serikat. Kelompok pengamat mamalia paus sedang melancong ke Pulau Farallon berhasil merekam sebuah kejadian langka dan unik yaitu, seekor paus pembunuh nampak sedang menyerang hiu putih dewasa lalu hiu dewasa itu berhasil dikalahkan sehingga sang hiupun dimakan oleh paus pembunuh.

Tentu ini mematahkan pernyataan yang menyebutkan bahwa Hiu adalah seekor predator yang mempunyai kendali penuh dalam rantai makanan teratas di lautan terpatahkan akibat peristiwa itu. Paus pembunuh hidup secara berkelompok, mereka juga sering berburu bersama.

Orca memiliki kehidupan sosial yang serupa dengan lumba-lumba. Hubungan sosial orca juga mirip dengan manusia, paus pembunuh mengajarkan anak-anaknya berburu atau mencari sumber makanan lain ketika sumber makanannya sudah menipis. Seperti contoh, ketika jumlah ikan menurun maka para paus pembunuh akan mencoba mencari sumber makanan baru seperti hiu putih dan mereka akan mencoba cara untuk menaklukannya bila berhasil caranya akan diturunkan kepada anak-anaknya.

Paus Sperma 

www.lazerhorse.org
Nama ilmiah dari Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak adalah Physter macrocephalus. Seekor paus dari kelompok Odontoceti yang dikatakan terbesar di kelompoknya. Paus ini memiliki nama Paus Sperma karena bahan putih susu Spermaceti yang berada di kepalanya yang dikira sebagai sperma pada awalnya.
Paus Odontoceti yang satu ini memiliki keunikan yaitu kepalanya yang besar lebih-lebih untuk pejantannya, yang biasanya bisa mencapai sepertiga daripada panjang badannya. Nama spesiesnya sendiri macrocephaluss diambil dari bahasa Yunani untuk "kepala besar". 

Berbeda dengan kulit licin yang dimiliki oleh paus-paus yang lainnya, pada bagian kulit belakang paus sperma biasanya berkedut. Paus ini memiliki warna abu-abu walaupun kadang kelihatan berwarna coklat dibawah cahaya matahari. Ukuran otak mereka begitu besar diantara kerajaan binatang, yaitu seberat 20 pound atau sekitar 9 kg.  Tidak mengherankan kalau otak Paus Sperma adalah yang terbesar dan terberat bagi semua hewan. Tetapi, otak dari Paus Sperma tidaklah begitu besar jika dibandingkan dengan ukuran badannya.

Lubang pernapasan (blowhole) terletak berdekatan dengan bagian depan kepala dan condong ke kiri (jika dilihat dari arah yang sama dengan paus). Ini memberikan ciri-ciri hembusan berkembang yang jelas kearah depan. Sirip belakangnya terletak sekitar dua pertiga dari bawah tulang belakang dan biasanya pendek dan berbentuk segitiga sama kaki. Flukenya juga berbentuk segitiga dan amat tebal. Flukenya diangkat tinggi tinggi dari air sebelum paus melakukan penyelaman dalam.

Paus Sperma memiliki 20-26 pasang gigi kerucut pada rahang bawah mereka. Setiap gigi bisa mempunyai berat sampai satu kilogram. Asal bentuk gigi ini tidaklah diketahui dengan pasti. Dipercayai bahwa gigi-gigi tersebut tidak diperlukan untuk mengonsumsi sotong, malah ada Paus Sperma liar yang sehat dan cukup makan namun tidak bergigi. Konsensus para ilmuwan masa kini adalah gigi-gigi tersebut mungkin digunakan dalam pertengkaran antara paus jantan dalam spesies yang sama. Hipotesis ini konsisten dengan gigi yang berbentuk kerucut dan jarang-jarang. Gigi yang belum sempurna juga terdapat di bagian rahang atas, namun gigi tersebut jarang tumbuh dan terlihat di mulut.

Paus Pilot (Pilot Whale)

en.wikipedia.org
Paus Pilot sebenarnya sama dengan paus pembunuh. Paus Pilot merupakan mamalia terbesar kedua dari keluaga paus Odontoceti yang serupa dengan keluarga lumba-lumba. Mempunyai kecerdasan yang sama dengan kecerdasan yang dimiliki oleh lumba-lumba, untuk itu paus pilot ini juga merupakan hewan laut yang mudah dilatih.

Jenis Paus pilot terbagi lagi menjadi dua spesies, dua jenis paus pilot ini cukup sulit untuk ditemukan perbedaannya jika kita menemukan keduanya di laut. “G melas”, adalah seekor paus pilot yang memiliki sirip panjang. “G. macrorhynchus”,adalah seekor paus pilot dengan sirip pendek. Tapi   perbedaan mereka yang paling mencolok ditemukan di tempurung kepala. Dapat dikatakan, paus pilot menempati wilayah perairan yang luas di seluruh dunia.

“G melas” dapat ditemukan di perairan dingin . Sebaliknya, g macrorhynchus “memilih untuk tinggal di perairan tropis dan sub tropis. Tetapi mereka berdua memiliki intelegensia yang mengagumkan. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk hidup di air yang dalam. Jadi kita jarang akan melihatnya.

Paus Narwhal

www.australia.com

Orang-orang dari negara Norwegia menyebut mamalia ini dengan kata “Narwhal” yang berarti adalah “seekor mayat paus”. Dijadikan nama paus ini karena warna yang abu-abu kebiruan dengan bintik putih disekujur badannya.

Untuk ukuran dari paus ini, paus Narwhal berada di tengah-tengah antara paus besar dan paus kecil. Mamalia ini mempunyai semacam gading panjang dan lurus di bagian rahang. Kita mungkin sedikit kebingungan mengenai kegunaan ‘Gading’ ini diciptakan. Karena Paus tidak memiliki musuh kecuali manusia yang ingin memanfaatkan itu. Setidaknya gading itu dapat berguna untuk menarik perhatian betina.

Paus Beluga

kaskus.co.id

Paus Beluga atau Paus Putih merupakan mamalia yang unik dan dapat mudah dikenali. Kulitnya yang benar-benar berwarna putih, dan sirip belakang yang sangat sedikit. Tubuh mereka juga mempunyai fungsi navigasi mereka ketika berada di perairan bersuhu rendah seperti perairan es. Dahinya lebar besar dan berkepala bulat-kepala. Karena mereka memang tinggal di Arktik dan sub Arktik.

Beluga biasanya hidup bersama dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka adalah hewan sosial dan komunikator yang sangat vokal. Beluga selama ini juga terkenal sebagai "burung kenari di laut". Ini merujuk pada betapa tingginya kemampuan vokal mereka.

Paus beluga memiliki lapisan lemak dengan tebal 5 inci, berfungsi dalam beradaptasi terhadap habitat yang dingin. Untuk makan, mereka mendapatkannya di dasar laut, jadi harus menyelam sedalami 1000 kaki atau sekitar 305 meter ke kedalaman laut. Untuk populasi ikan paus yang cukup lucu ada sekitar ratusan ribu ekor.

Itu semua jenis-jenis paus yang terkenal di dunia, keberadaan mereka semua hampir punah karena mereka (para paus) ini selalu menjadi incaran pemburu.

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Aceh,3,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,2,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,7,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,85,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,224,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebudayaan,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,Kivlan Zein,1,kjp,1,KKR Natal,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Kompetisi Halal Dunia,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,118,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,34,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,43,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,52,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,21,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,36,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,6,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,21,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Ikan Paus dan Jenis-Jenisnya yang Terkenal di Seluruh Dunia
Ikan Paus dan Jenis-Jenisnya yang Terkenal di Seluruh Dunia
https://1.bp.blogspot.com/-hEbgm-PNOP0/V6vt-sviLrI/AAAAAAAABbM/ugosYp4DuGQ6R6SmBuelBAyy9O2qkwz9gCEw/s640/orca.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hEbgm-PNOP0/V6vt-sviLrI/AAAAAAAABbM/ugosYp4DuGQ6R6SmBuelBAyy9O2qkwz9gCEw/s72-c/orca.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/08/ikan-paus.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/08/ikan-paus.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy