15 Cara Atasi Jerawat Membandel

SHARE:



Cara mengatasi jerawat. Anda pasti sudah tidak asing dengan masalah jerawat. Jerawat memang permasalahan kulit yang umum dihadapi banyak orang, biasanya remaja. Timbulnya jerawat apalagi pada bagian wajah cukup mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri anda.

Jerawat atau dalam istilah medisnya acne vulgaris adalah gangguan pada kulit berupa benjolan yang muncul ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori atau peradangan pada kulit yang disertai darah atau nanah.

Timbulnya jerawat dapat dicirikan dengan adanya komedo, kulit yang iritasi hingga menjadi kemerahan, noda hitam, dan juga bintik merah yang membengkak hingga bernanah. Banyak faktor yang dapat memicu tumbuhnya jerawat diantaranya adalah memiliki hormon yang tidak seimbang, jenis kulit yang berminyak, adanya bakteri P. acne, pola makan yang tidak sehat dan lainnya.

Ada beberapa jenis jerawat dan untuk mengatasi tiap jenis jerawat pun berbeda-beda. Jerawat dapat diatasi dengan berkunjung ke dokter atau klinik kecantikan yang memang berpengalaman di bidangnya atau anda juga bisa membeli obat-obat jerawat berbahan alami yang tersedia di apotik umum.

Cara lain yang lebih efektif, murah dan tidak beresiko untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami atau bahan tradisional yang memang sejak zaman dahulu sudah terbukti dapat mengatasi permasalahan jerawat yang membandel.

Berikut ini adalah cara-cara mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami :

1. Susu/Yogurt dan Madu 



Kombinasi antara susu/yogurt dengan madu terbukti dapat mengatasi permasalahan jerawat yang muncul. Madu merupakan bahan alami yang sudah diketahui dari dulu memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Sedangkan susu dan yogurt mempunyai manfaat melembutkan dan menghaluskan kulit.

Caranya :

  1. Campur 1 sendok makan susu atau yogurt dengan 1 sendok makan madu
  2. Oleskan pada wajah sebagai masker dengan berulang kali sampai menebal
  3. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit
  4. Kemudian cuci wajah sampai bersih dengan menggunakan air

2. Putih Telur 



Putih telur mempunyai kandungan protein serta vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan juga bekasnya yang berupa noda atau flek hitam bekas jerawat.

Caranya :

  1. Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya lalu kocok sampai berbusa
  2. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mongering
  3. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 sampai 25 menit
  4. Selanjutnya bersikan wajah dengan air hangat memakai handuk

3. Lidah Buaya 



Lidah buaya memang lebih banyak digunakan sebagai perawatan rambut. Namun ternyata lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat yang membandel. Lidah buaya memiliki banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat, diantaranya hormon giberelin dan polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta antioksidan, mineral, vitamin C dan E yang mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat. Lidah buaya juga memiliki sifat anti bakteri dan sifat anti inflamasi.

Caranya :

  1. Bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih dan keringkan terlebih dulu
  2. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya, usahakan tetap bersih dari getahnya karena bisa menyebabkan gatal di kulit.
  3. Oleskan pada wajah yang berjerawat lalu biarkan selama kurang lebih 20 menit
  4. Kemudian bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat

4. Pepaya 



Pepaya dapat anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Buah pepaya mempunyai kandungan enzim yang disebut papain yang mempunyai manfaat mengurangi peradangan dan mencegah timbulnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut serta halus.

Caranya :

  1. Siapkan satu buah pepaya lalu tumbuk sampai halus
  2. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air secara merata
  3. Biarkan selama kurang lebih 15 sampa 20 menit
  4. Kemudian basuh wajah dengan air hangat

5. Cuka Apel 



Anda dapat dengan mudah mendapatkan cuka apel di supermarket terdekat. Cuka apel mempunyai manfaat yang baik untuk wajah yaitu bisa menyeimbangkan PH dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan asam malat dan asam laktat dalam cuka apel mampu mengangkat sel kulit mati. Cuka apel dapat menjadi salah satu obat yang ampuh dalam mengatasi jerawat karena kandungan antioksidannya berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit akibat jerawat.

Caranya :

  1. Sebelum menggunakan cuka apel, usahakan untuk membersihkan wajah anda dengan memakai air bersih dan keringkan
  2. Lalu oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas lalu diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit
  3. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih
  4. Anda dapat memakai pelembab bila kulit merasa kering

6. Lemon



Buah lemon mengandung vitamin C dan asam nitrat yang berperan untuk mengobati jerawat dan membantu pengelupasan kulit. Asam askorbat-L yang terdapat dalam lemon bisa mengurangi permasalahan peradangan pada kulit berjerawat dan membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit serta dapat menghilangkan noda di wajah.

Caranya :

  1. Sediakan satu buah lemon 
  2. Tekan sedikit lemon, potong jadi dua bagian kemudian diperas 
  3. Oleskan air dari hasil perasan tersebut pada wajah anda 
  4. Diamkan selama 15 menit lalu basuh wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk 
  5. Anda dapat melakukan perawatan ini dengan secara teratur sekali dalam satu hari untuk menangani permasalahan jerawat.

7. Kentang



Kentang kaya akan kandungan sulfur, kalium, klorida dan fosfor yang sangat baik untuk wajah dan dapat mengatasi jerawat yang membandel. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyehatkannya.

Caranya :

  1. Parut satu buah kentang
  2. Usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit
  4. Kemudian basuh wajah dengan menggunakan air hangat

8. Baking Soda (Sodium Bicarbonat) 

Baking soda atau yang mempunyai nama lain sodium bicarbonat memiliki kandungan antideptik yang bisa melawan bakteri dan jamur pada jerawat serta dapat mengeringkan minyak berlebih pada kulit. Baking soda dapat menetralkan keasaman pada kulit sehingga membuat bakteri jerawat tidak akan mampu hidup lebih lama pada kulit anda.

Caranya :

  1. Campurkan satu kotak baking soda dengan air sampai menjadi seperti pasta
  2. Lalu oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 2 menit
  3. Diamkan terlebih dulu selama 15 sampai 20 menit kemudian basuh setelahnya wajah anda dengan menggunakan air bersih 

Ada hal yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan baking soda sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu reaksinya pada kulit anda untuk mencegah terjadinya alergi. Oleskan sedikit pasta pada sebagian area wajah. Jika tidak muncul reaksi kulit yang kemerahan, maka pemakaian dapat anda lanjutkan.

9. Pasta Kulit Jeruk 



Kandungan vitamin C dan alpha hidroksi pada kulit jeruk mempunyai manfaat yang baik untuk menghilangkan jerawat, membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran dan debu. Selain itu kulit jeruk juga mempunyai manfaat untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang sudah mati.

Caranya :

  1. Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air sampai lembut
  2. Lalu bersihkan wajah dengan air dan keringkan
  3. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah serta diamkan selama kurang lebih 20 sampai 25 menit 
  4. Kemudian basuh wajah dengan menggunakan air bersih.

10. Stroberi dan Madu 



Buah stroberi mempunyai kandungan kadar asam salisilat tinggi yang mampu menghilangkan jerawat secara cepat. Asam ini berperan untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralisir bakteri sehingga tidak menyebabkan infeksi pada kulit.

Caranya :

  1. Pertama anda bersihkan wajah terlebih dulu dengan menggunakan air bersih lalu keringkan dengan handuk
  2. Campurkan 3 buah stroberi yang sudah dihancurkan dengan 2 sendok makan madu sampai merata
  3. Kemudian oleskan pada wajah anda sampai merata selama kurang lebih 20 menit
  4. Selanjutnya, bersihkan wajah anda dengan air bersih

11. Minyak Pohon Teh

Memanfaatkan kandungan zat terpenoid di dalam minyak pohon teh dapat mengobati jerawat yang muncul. Minyak pohon the juga bisa melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati yang bisa mencegah terjadinya infeksi di bagian bawah permukaan kulit dan mencegah terjadinya infeksi.

Caranya :

  1. Encerkan minyak pohon teh dengan cara mencampurkannya dengan air dengan perbandingan 1 : 9 (minyak teh 1 tetes banding air 9 tetes)
  2. Lalu sebelum pemakaian, bersihkan wajah anda terlebih dulu dengan menggunakan air bersih kemudian oleskan pada wajah anda memakai kapas sampai merata
  3. Diamkan beberapa saat sampai mengering dan selanjutnya bersihkan wajah dengan air

Sama halnya dengan cuka apel, pemakaian minyak pohon teh dapat memicu reaksi alergi. Sebaiknya, sebelum menggunakan bahan ini anda menguji terlebih dahulu reaksinya pada kulit anda.
Oleskan sedikit minyak pohon teh tersebut pada pergelangan tangan anda. Apabila dalam beberapa jam tidak terjadi reaksi seperti kulit berubah menjadi kemerahan dan gatal, maka pemakaian minyak pohon teh aman untuk wajah anda.

12. Daun Mint 



Daun mint memiliki kandungan mentol yang berperan sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri pada jerawat. Daun mint memang tidak dapat mengobati jerawat tetapi dapat membantu menghilangkan efek kemerahan pada wajah dan dapat juga meredakan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat tersebut.

Caranya :

  1. Hancurkan terlebih dulu daun mint menggunakan blender atau dapat ditumbuk sendiri
  2. Setelah itu bersihkan muka dengan menggunakan air bersih lalu keringkan
  3. Kemudian oleskan daun mint yang sudah halus tadi pada wajah anda
  4. Diamkan selama 10 sampai 15 menit
  5. Bersihkan wajah anda dengan air dingin dan lakukan hal ini secara teratur untuk hasil yang maksimal

13. Mandi Uap 

Uap mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh manusi. Salah satunya adalah dapat menyembuhkan jerawat. Bagaimana caranya? Anda dapat mandi uap dengan mengunjungi steam yang ada di gym-gym, tetapi bila anda tidak punya kebiasaan berkunjung ke tempat-tempat tersebut, berikut ini adalah alternatif mandi uap secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Caranya :

  1. Rebus air sampai mendidih lalu tuang dalam mangkuk atau wadah besar
  2. Biarkan sesaat hingga suhu air menurun sedikit atau kurang lebih sudah tidak terlalu panas lagi
  3. Posisikan wajah anda diatas mangkuk itu kemudian taruhlah handuk diatas kepala anda 
  4. Biarkan uap air panas itu membasahi wajah anda sekitar 10 sampai 15 menit kemudian selanjutnya bersihkan air pada wajah menggunakan handuk yang tadi. Bila hal ini dilakukan secara teratur bisa mengobati jerawat. 

14. Alpukat dan Madu 



Banyak yang beranggapan kalau buah alpukat bisa mengakibatkan jerawat tetapi hingga saat ini belum dapat dibuktikan apakah itu benar atau tidak. Walau demikian kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada buah alpukat ini nyatanya baik untuk mengatasi masalah jerawat. Ditambah dengan madu yang sudah dipaparkan sebelumnya memiliki kandungan yang bersifat antibakteri,  maka kombinasi kedua bahan alami ini akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur.

Caranya :

  1. Campurkan buah alpukat dengan madu sampai berbentuk seperti pasta
  2. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat
  3. Diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian cuci wajah anda dengan air yang bersih 

15. Teh Hijau 



Teh hijau merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk dimanfaatkan mengatasi maslah jerawat. Secara internal, teh hijau dapat dikonsumsi sebagai minuman atau cara eksternal yaitu dengan cara menyemprotkannya pada wajah.

Caranya :

  1. Bersihkan wajah anda terlebih dulu lalu keringkan
  2. Siapkan satu mangkuk berisi air lalu masukkan daun teh hijau dalam mangkuk tersebut kemudian didihkan
  3. Setelah itu diamkan hingga agak dingin dan gunakan pada wajah anda, dapat dengan disemprot ataupun mengoleskannya dengan lembut pada wajah dengan memakai kain atau kapas

Tips Mencegah Timbul Jerawat

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang dapat mengatasi masalah jerawat yang membandel secara teratur, anda juga harus melakukan pencegahan agar jerawat tersebut tidak dating kembali. Berikut cara mencegah agar jerawat tidak muncul lagi :

1. Rajin Membersihkan Wajah



Rawat wajah anda dengan rajin mencucinya minimal dua kali dalam satu hari. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Dengan rajin membersihkannya, maka kulit anda terjaga dari debu, kotoran, polusi dan juga minyak yang berlebih.

2. Jangan Menyentuh atau Memencet Jerawat

Jangan menyentuh jerawat anda dengan tangan yang kotor karena akan menambah munculnya bakteri, apalagi memaksa nanah jerawat keluar dengan memencetnya. Hal ini dapat menyebabkan area sekitar jerawat yang dipencet membengkak dan bisa juga menjadi terinfeksi. Jerawat yang dipencet juga dapat meninggalkan bekas hitam pada wajah anda.

3. Jangan Menggunakan Make Up Berlebihan



Penggunaan make up yang berlebihan pada anda akan menyebabkan kulit terpapar bahan kimia terus menerus sehingga bisa memicu timbulnya masalah pada kulit wajah, apalagi jika anda tidak rajin membersihkan atau tidak mencuci hingga bersih make up setelah digunakan.

4. Rutin Berolahraga



Dengan rutin berolahraga dapat menyeimbangkan hormone dan mengurangi resiko stress yang merupakan salah satu dampak timbulnya jerawat. Rutin berolahraga dapat melancarkan aliran darah sehingga wajah akan tampak lebih segar dan cerah, begitupun dengan kondisi kulit anda. Mandi dengan air hangat setelah berolahraga juga dapat membersihkan tubuh dari keringat dan minyak yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Pola Makan Yang Sehat

Selain dari jenis kulit yang berminyak atau paparan debu dan kotoran, asupan makanan anda juga dapat menimbulkan jerawat. Bagi anda yang sering mengalami permasalahn jerawat, sebaiknya menghindari makanan yang berminyak, berlemak, dan cepat saji. Gantilah dengan menu makanan yang lebih sehat bagi kesehatan. Sayur dan buah-buahan dipercaya dapat membersihkan wajah dan tubuh anda dari racun, juga dapat mengatasi permasalahan jerawat dari dalam.

Demikian cara-cara mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan alami dan juga tips pencegahan jerawat agar tidak datang kembali. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, anda harus melakukan perawatan secara rutin dan disiplin.

COMMENTS

Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,1,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,17,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,6,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,76,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,204,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,kjp,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,114,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,33,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,33,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,51,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,20,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,33,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,3,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,16,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: 15 Cara Atasi Jerawat Membandel
15 Cara Atasi Jerawat Membandel
https://3.bp.blogspot.com/-RqIw_Lg_saE/V86WciKVUXI/AAAAAAAAAPw/OgbKmAwq_YoVfCAlsqcOL_VHyRHrHpS9wCLcB/s640/jerawat.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RqIw_Lg_saE/V86WciKVUXI/AAAAAAAAAPw/OgbKmAwq_YoVfCAlsqcOL_VHyRHrHpS9wCLcB/s72-c/jerawat.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/09/15-cara-atasi-jerawat-membandel.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/09/15-cara-atasi-jerawat-membandel.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy