Berhenti Merokok Sekarang Juga! Ini Akibat Merokok Yang Sangat Merugikan


Bahaya merokok. Anda pasti sudah tidak asing dengan banyaknya peringatan ‘dilarang merokok’ di berbagai tempat umum. Bahkan, larangan merokok juga terdapat di setiap bungkus rokok beserta dengan gambar-gambar menjijikan akibat dari merokok.

Artinya, sudah sangat jelas apa akibat dari memiliki kebiasaan merokok. Yang pasti dampaknya sangat buruk bagi kesehatan dan juga kehidupan anda sekalipun. Masalah utama yang sering dialami para perokok adalah terkena penyakit jantung. Sekitar 20% lebih kematian akibat penyakit jantung berhubungan langsung dengan kebiasaan merokok.

Jadi, tidak pernah telat untuk anda segera menghilangkan kebiasaan buruk ini. Kira-kira apa saja sih kandungan yang ada di dalam rokok sehingga sangat buruk bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.

Kandungan Zat Berbahaya Dalam Rokok



Silahkan anda lihat kandungan berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Ratusan di antaranya adalah  zat beracun, dan sekitar 70 bahan bisa menyebabkan kanker. Bahan-bahan berbahaya yang ada dalam sebatang rokok di antaranya :

Karbon monoksida 
Zat yang umum ditemukan pada asap knalpot mobil ini dapat menempelkan dirinya sehingga terikat pada zat hemoglobin dalam darah secara permanen, sehingga menghambat penyediaan oksigen ke tubuh. Situasi semacam ini akan membuat anda cepat merasa lelah.

Tar
Saat sedang merokok, kandungan senyawa tar pada rokok akan ikut terisap. Lalu tar akan mulai mengendap di paru-paru dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru. Padahal rambut halus tersebut berperan dalam membersihkan kuman atau apa pun yang keluar dari paru-paru.

Gas oksidan
Sesuai dengan namanya, gas ini mampu bereaksi dengan oksigen. Keberadaan gas tersebut di dalam tubuh akan mengakibatkan penggumpalan darah sehingga lebih meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.

Benzene
Zat yang seringkali ditambahkan pada bahan bakar minyak ini sangat berpotensi merusak sel di tingkat genetik. Zat benzene kerap dikaitkan dengan penyebab kanker seperti kanker ginjal dan bahkan juga leukimia.

Tidak hanya bahan-bahan di atas, masih banyak bahan berbahaya lain pada sebatang rokok. Misalnya arsenic (dipakai untuk pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (dipakai untuk membuat senjata kimia), dan yang terakhir yaitu cadmium (digunakan untuk membuat baterai).

Ketika anda sering merokok, anda akan lebih mungkin terserang serangan jantung. Perokok aktif beresiko dua sampai empat kali lipat lebih tinggi menderita serangan jantung. Resiko serangan jantung akan semakin lebih tinggi terjadi pada seorang wanita perokok yang juga sedang mengkonsumsi pil KB.

Saat merokok, anda akan ikut memasukan senyawa-senyawa berbahaya yang memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, terlebih jantung. Misalnya saja seperti nikotin yang berpotensi mengurangi persediaan oksigen ke dalam darah.

Selanjutnya, zat yang bersifat candu ini akan mengakibatkan detak jantung meningkat, tekanan darah meningkat, merusak pembuluh darah, mempercepat pembekuan darah, dan juga dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Bagitu juga dengan akibat-akibat buruk bagi kesehatan lainnya.

Bahaya Akibat Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Setelah anda mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam rokok, bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, namun berikut ini adalah beberapa bahaya yang diakibatkan karena merokok yang anda harus ketahui, terutama untuk anda yang merupakan perokok aktif. Apa sajakah bahaya rokok bagi kesehatan anda?

1. Otak 



Beberapa riset menunjukkan, merokok bisa meningkatkan kemungkinan terkena stroke sebesar 50 persen. Keadaan ini bisa mengakibatkan rusaknya otak dan bahkan kematian. Tidak hanya itu, merokok dapat juga meningkatkan resiko aneurisma otak. Aneurisma sendiri yaitu pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah.

Lebih parahnya lagi, pembuluh darah ini setiap saat bisa pecah serta menyebabkan pendarahan otak. Oleh karena itu, lebih baik berhati-hatilah!

2. Mulut dan tenggorokan 



Tentunya semua sudah tahu akibat merokok pada bagian mulut. Ya, benar sekali, rokok bisa menyebabkan gigi menguning dan bau mulut yang tidak enak. Tetapi bukan sekedar itu saja, nyatanya merokok juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan rusaknya indera perasa.

Permasalahan yang bisa muncul lebih serius lagi pada mulut dan tenggorokan yaitu timbulnya kanker lidah, kanker tenggorokan, bibir, dan kanker pita suara. Umumnya keadaan semacam ini sudah diperlihatkan pada gambar bungkus rokok, coba deh anda perhatikan.

3. Paru-paru 



Salah satu dampak paling beresiko akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia yang ada pada rokok sangat berpotensi untuk mengakibatkan kerusakan pada sel-sel pada paru yang nantinya dapat membentuk sel kanker.

Tidak hanya sampai disitu saja, selain dari kanker paru anda juga bisa semakin beresiko mengalami bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

4. Lambung 



Dampak negatif dari merokok juga terasa sampai ke bagian lambung. Merokok pada intinya bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan anda. Hal itu memungkinkan asam lambung bergerak ke arah yang salah, yakni ke kerongkongan.

Keadaan tersebut dinamakan dengan penyakit asam lambung. Jika dibiarkan terus-terusan dalam jangka panjang, anda akan berisiko mengalami ulkus atau tukak, serta bahkan kanker lambung yang mematikan.

5. Tulang 



Bahaya merokok selanjutnya yaitu pada bagian tulang. Toksin pada rokok dapat mengakibatkan kerusakan tulang melalui cara menghentikan kerja sel-sel kontruksi. Karena itu, seorang perokok aktif akan semakin lebih beresiko terserang tulang rapuh atau osteoporosis.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, toksin pada rokok juga berpotensi menghilangkan keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang agar tetap kuat, seperti hormon estrogen misalnya.

6. Kulit 



Apakah anda ingin terlihat mempesona dan awet muda? Berhentilah merokok sekarang juga. Perokok aktif akan terlihat lebih tua daripada mereka yang tidak merokok. Hal semacam ini bisa terjadi karena asap rokok menghambat asupan oksigen ke dalam kulit.

Tidak hanya itu, merokok dapat juga menyebabkan timbulnya tanda penuaan dini seperti kerutan sekitar mata, timbulnya flek hitam, dan bahkan beberapa riset menunjukkan asap rokok dapat menyebabkan kemunculan selulit.

7. Organ reproduksi 

Merokok dapat menggangu sistem reproduksi dan kesuburan anda. Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi, mengurangi reproduksi sperma, dan bahkan juga menyebabkan kanker testis.
 
Sedangkan pada wanita merokok bisa mengakibatkan berkurangnya kesuburan dengan kata lain mandul. Tidak hanya itu resiko terkena kanker serviks juga semakin lebih tinggi, sebab rokok bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus (HPV).

8. Meningkatkan stres 



Tidak hanya menyebabkan penyakit fisik, perokok akan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak merokok. Sampai kini barangkali anda berpikir merokok bisa membuat pikiran menjadi rileks. Anda berasumsi kandungan nikotin dapat menentramkan pikiran, padahal itu salah.

Yang membuat perokok cemas dan gelisah merupakan gejala putus obat dari nikotin. Dengan merokok, kecanduan merokok pada nikotin akan tercukupi dan perokok akan merasa rokok bisa menurunkan stres yang dia alami sebelumnya.

9. Hidup jadi kurang bahagia 


Memang tak semua perokok akan meniggal karena penyakit jantung, stroke, maupun paru-paru, tetapi kebiasaan merokok dapat sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidupmu dalam sehari-hari.

Dampak rokok yang dapat anda rasakan sehari-hari diantaranya seperti sesak napas, batuk-batuk, lebih mudah lelah, lebih rawan terkena infeksi, dan mengalami masalah sulit tidur yang umumnya ditandai dengan sulit bernapas saat malam hari lalu lelah yang berlebih pada pagi harinya.

10. Mengakibatkan kerusakan mata 



Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh 'Archives of Ophthalmology', orang yang merokok akan berisiko empat kali lipat dalam mengalami degenerasi makula. Hal semacam ini bukan sekedar mengakibatkan rusaknya retina saja, namun dampak yang lebih parah dapat menyebabkan munculnya katarak dan bahkan juga kebutaan permanen.

11. Meningkatkan resiko diabetes 



Dikutip dari Cleveland Clinic, merokok bisa menyebabkan seseorang 30-40 % lebih berisiko terserang diabetes melitus tipe 2 daripada yang non perokok.

Kandungan bahan kimia dalam rokok menyebabkan tubuh tak mampu memecah gula menjadi energi, sehingga meningkatkan resiko penyakit kencing manis (diabetes melitus).
 
Mungkin sebagian dari kita sudah sering mendengar mengenai bahaya merokok untuk kesehatan tubuh, tetapi tetap saja tak menghentikan kebiasaan buruk tersebut karena merasa kesehatan tubuh sekarang masih baik-baik saja.

Perlu diingat, merokok sama saja menabung toksin dalam tubuh sendiri yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk bila dilakukan secara terus menerus. Dengan demikian, resiko menderita penyakit berbahaya juga semakin lebih tinggi saat memasuki masa tua.

Tidak hanya anda sendiri, beberapa orang yang ada disekelilingmu juga akan merasakan dampak negatifnya.

12. Meningkatkan Kemungkinan Penyakit Stroke 



Menurut riset, kemungkinan penyakit stroke dapat bertambah dua kali sampai empat kali lebih tinggi pada seorang perokok dibanding pada mereka yang tidak merokok. Penyakit stroke ini adalah salah satu penyebab paling tinggi banyak kematian di dunia.
 
Stroke terjadi jika aliran darah di otak mengalami pembekuan yang dikarenakan zat-zat yang menjadi kandungan rokok. Bila terus berlanjut, darah yang membeku ini selanjutnya dapat mengakibatkan seseorang mengalami stroke. Karena aliran darah yang membeku ini akan menghambat aliran darah di otak.

13. Mengganggu Aliran Darah 



Nikotin dan zat-zat yang lain yang mempunyai sifat membahayakan untuk tubuh bisa jadi penyebab kerusakan pada pembuluh darah. Bila zat-zat dari rokok itu masuk ke dalam tubuh, kerusakan pada pembuluh darah akan menyebabkan pembuluh darah menebal dan menjadi lebih sempit hingga bisa menyumbat aliran darah.

Penyumbatan aliran darah inilah yang nanti dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain yang terkait dengan organ kardiovaskular. Bahkan, aliran darah menuju organ-organ tubuh yang mempunyai fungsi primer dalam tubuh dapat juga terhalangi.
 
Tidak hanya penyumbatan aliran darah, darah dapat juga membeku. Apabila terjadi hal seperti ini, dampak fatal yang bisa terjadi adalah kematian.
14. Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Rokok juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang tersumbat akan membengkak dan menyempit sehingga akan mendorong organ jantung memompa darah lebih cepat serta lebih keras lagi. Terlebih jika makanan yang bisa menyebabkan darah tinggi juga masih anda konsumsi. Inilah yang akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung lebih cepat dari yang seharusnya.

15. Sakit Jantung 



Beberapa riset di Amerika menemukan kalau kemungkinan penyakit jantung pada seorang perokok meningkat sampai empat kali lebih tinggi dibanding bila anda bukan seorang perokok. Harus diketahui, tidak hanya stroke, penyakit jantung juga adalah salah satu penyakit nomor satu yang menyebabkan kematian paling banyak di dunia. Menyeramkan bukan?
 
Serangan jantung bisa terjadi saat darah yang membeku menghambat aliran darah menuju jantung. Kondisi tersebut akan membuat jantung mengalami kekurangan oksigen. Jantung yang tidak mendapat asupan oksigen yang cukup akan mengakibatkan kerusakan otot-otot jantung dan selanjutnya sebagaian otot jantung akan mengalami kerusakan permanen serta kerja jantung akan terganggu. Pada saat inilah, serangan jantung terjadi. Anda sudah mengkonsumsi makanan renda kolesterol jahatpun, hal ini tidak akan berdampak bila anda masih tetap merokok.

16. Penyakit COPD 



Pernah dengar istilah COPD? COPD merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang sistem pernapasan. COPD mempunyai kepanjangan Chronic Obstructive Pulmonary Disease. Beberapa studi menunjukan kalau yang menjadi penyebab COPD yaitu aktifitas merokok. Merokok menjadi faktor yang paling utama dari seseorang penderita penyakit ini. penyakit COPD ini ada dua jenisnya, yaitu :
 

  • Bronchitis kronis, akan mengakibatkan seseorang yang menderitanya mengalami batuk-batuk yang secara terus menerus bahkan juga sampai jangka waktu tahunan. 
  • Efisema, mengakibatkan paru-paru mengalami kerusakan sampai bertahun-tahun. 

17. Penyakit Asma 



Bila anda menderita penyakit asma, jangan pernah sekalipun mencoba untuk merokok. Merokok yang berarti anda menghirup zat-zat berbahaya dapat mendorong penyakit asma anda kambuh terus menerus. Tembakau sebagai bahan paling utama rokok akan membuat penyakit asma lebih parah.

18. Sulit Mempunyai Keturunan


Aktifitas merokok pada wanita bisa meningkatkan kemungkinan keguguran pada wanita. Apabila wanita itu sedang hamil, merokok bisa menganggu kesehatan si bayi sebelum dan setelah si bayi dilahirkan. Efek kesehatan lainnya yang bisa dialami seorang wanita perokok diantaranya :


  • Bayi lahir prematur 
  • Kematian bayi selagi di dalam kandungan 
  • Bayi dengan berat badan minim 
  • Kematian mendadak pada bayi baru lahir 
  • Kehamilan terjadi di luar kandungan atau kehamilan ektopik 
  • Terjadinya celah orafisial pada bayi baru lahir 

19. Pengeluaran Berlebih 



Hmmm.. seorang perokok baik secara sadar maupun tidak akan merasakan adanya pengeluaran yang lebih boros dibanding pada mereka yang bukan seorang perokok. Silahkan anda ingat sendiri berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk membeli sebungkus rokok setiap harinya. Lalu dapat anda kalikan dengan jumlah hari dalam satu bulan kemudian dikalikan lagi dengan berapa jumlah bulan di dalam satu tahun. Nah, udah ketemu jawabannya?

20. Perokok Menjijikan

 
Sudah tahukah anda bila rokok adalah salah satu barang yang sangat menjijikan? Iya, riset terbaru menunjukkan kalau rokok, permukaannya dipenuhi banyak bakteri serta kuman. Jadi, bila anda merokok, secara otomatis bakteri dan kuman itu turut terhirup masuk ke dalam tubuh kita. Mengerikan bukan?

21. Mengganggu Keharmonisan Rumah Tangga



Nyatanya, merokok yang menimbulkan banyak sekali bahaya pada kesehatan bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga anda juga. Mengapa demikian? Jelas sekali bahaya yang digambarkan dalam beberapa bahaya kesehatan dari merokok yang sudah dijelaskan di atas. Bila seorang pria mengalami impotensi, masalah yang tidak jauh berbeda akan dihadapi juga oleh seorang wanita perokok.
 
Kesuburan sistem reproduksi berkurang dan setelah itucobalah tebak apa yang akan terjadi? Hubungan suami istri akan terganggu dan hal ini bisa menjadi penyebab kehancuran rumah tangga.

22. Menurunkan Kualitas Tidur



Sebuah riset di Johns Hopkins menemukan seorang perokok selalu merasa kurang dalam tidurnya. Si perokok merasa dirinya tidak bisa tidur nyenyak. Dalam riset tersebut dinyatakan kalau penyebab dari menurunnya kualitas tidur ini adalah karena sifat dari zat nicotine yang terdapat di dalam rokok. Menurunnya kualitas tidur akan berdampak juga pada kualitas hidup anda.

23. Mendapat Label Sosial Yang Negatif 



Di kehidupan sosial, beberapa perilaku yang dilakukan seseorang umumnya juga dianggap masyarakat dengan hal-hal yang berkaitan. Dan, merokok biasanya dihubungkan dengan hal-hal yang cenderung lebih ke arah negatif. Anda ingin dicap negatif?

24. Tampilan Kuku Menguning

 

Pada orang-orang yang merokok, anda dapat melihat kuku-kuku mereka mempunyai warna yang kuning. Ini menandakan kandungan rokok sudah berefek pada bagian tangan. Dan lebih jauh lagi, hal semacam ini akan merusak penampilan anda. Dengan berhenti merokok bisa membuat warna kuku lebih menarik dan cantik.


Itulah hal-hal yang bisa terjadi pada diri seorang perokok aktif. Merokok sama sekali tidak menguntungkan baik bagi diri anda sendiri ataupun untuk orang-orang di sekitar anda. Berhentilah merokok mulai sekarang juga agar hidup anda berubah menjadi lebih sehat dan jauh dari segala macam penyakit serta masalah hidup.

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Aceh,3,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,2,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,7,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,85,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,224,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebudayaan,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,Kivlan Zein,1,kjp,1,KKR Natal,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Kompetisi Halal Dunia,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,118,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,34,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,43,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,52,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,21,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,36,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,6,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,21,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Berhenti Merokok Sekarang Juga! Ini Akibat Merokok Yang Sangat Merugikan
Berhenti Merokok Sekarang Juga! Ini Akibat Merokok Yang Sangat Merugikan
https://3.bp.blogspot.com/-qbvS84E_9BA/V-ujAP2jiRI/AAAAAAAAAdE/MfMr4cb_uOQhtZuzg2iYDcMVmLFhUgmIwCEw/s640/Bahaya-rokok.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-qbvS84E_9BA/V-ujAP2jiRI/AAAAAAAAAdE/MfMr4cb_uOQhtZuzg2iYDcMVmLFhUgmIwCEw/s72-c/Bahaya-rokok.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/09/bahaya-merokok.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/09/bahaya-merokok.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy