Bisnis Makanan Halal Booming di Amrik, Sertifikasi Halal di Indonesia Justru Keleleran


Untuk Muslim, jaminan halal untuk makanan dan minuman adalah keharusan.

Pasar produk makanan halal di Amerika Serikat mengalami kenaikan gila-gilaan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat Negeri Paman Sam terhadap makanan yang disiapkan sesuai syariah Islam tersebut. Sementara itu di Indonesia yang ngaku punya populasi Muslim terbesar dunia, sertifikat halal justru masih diterapkan dengan setengah hati.

Jelang pilpres di AS dengan salah satu calon (Trump) yang kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang memusuhi Islam, saat ini seharusnya bukan saat yang paling menyenangkan untuk umat Islam di negara tersebut. Kalau media di sana bisa dijadikan rujukan, tampak bahwa Muslim sering kali dipojokkan. Tetapi kenyataan menunjukkan bahwa bisnis makanan halal di Amerika Serikat justru mengalami kenaikan pesat. Dan popularitas makanan halal di AS bukan hanya didukung oleh konsumen Muslim. Penikmat makanan dari generasi millennial juga menjadi konsumen yang loyal.

Shahed Amanullah hanya bisa menemukan 200 tempat yang menyediakan makanan halal di tahun 1998 ketika pertama kali ia meluncurkan situs untuk membantu Muslim yang berada di Amerika Serikat menemukan penyedia makanan halal. Selang 18 tahun kemudian, hari ini, ia bisa menemukan 7.600 tempat makan penyedia produk halal. Bahkan di berbagai rantai distribusi produk halal telah memiliki niche yang kokoh dan berkembang pesat.

Menurut estimasi Nielsen, di toko serba ada dan pasar swalayan penjualan produk halal mencapai 1,9 miliar dollar AS selama 12 bulan yang berakhir bulan Agustus 2016 lalu. Kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 15%. Dengan pertumbuhan sedemikian pesat tampaknya para pebisnis retail tidak bisa lagi mengabaikan pentingnya produk-produk tersebut.

Menurut Islamic Food and Nutrition Council of America, lembaga pemberi sertifikat halal seperti MUI di Indonesia, penjualan produk-produk halal di seluruh negara tersebut mulai dari restoran sampai jaringan toko retail diproyeksi akan mencapai angka 20 miliar dollar tahun ini. sejak tahun 2010 atau 6 tahun lalu angka penjualan mengalami kenaikan 1/3, atau rata-rata 6 persen per tahun. Islamic Food and Nutrition Council of America berfungsi sebagai lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat halal dan melakukan edukasi halal ke rakyat Amerika Serikat.

Amanullah mengakui bahwa proses untuk memperkenalkan makanan halal di Negeri Paman Sam tidak selalu mudah, terutama saat Islam disorot dengan sangat buruk seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Situs miliknya yang ditujukan untuk mudah mencari penyedia produk halal kerap digunakan oleh para propagandis anti Islam untuk acuan “toko mana yang harus diboikot”. Tetapi ia mengatakan biasanya aksi para propagandis itu justru membantu meningkatkan awareness masyarakat umum terhadap keberadaan produk halal dan pada akhirnya justru membantu meningkatkan penjualan. Wah, kasihan, malah jadi senjata makan tuan.

Jika melihat dari kondisi demografi di AS saat ini tampaknya bisnis makanan halal akan terus berkembang. Tahun lalu jumlah Muslim di AS mencapai 3,3 juta jiwa. Jumlah ini diproyeksi akan bertumbuhan menjadi 8,1 juta jiwa hingga tahun 2050.

Adnan Durrani, CEO American Halal Co., memberikan sudut pandang yang berbeda. Menurutnya 80% konsumen produk halalnya bukannya ingin mengikuti syariat Islam – mereka umumnya hanya pecinta makanan (foodie) yang menginginkan produk yang lebih baik dan segar. Memang pada umumnya produk-produk yang mengantongi sertifikat halal lebih berkualitas dan segar dibandingkan dengan produk-produk tanpa sertifikat halal. Masyarakat AS yang mementingkan gaya hidup sehat lebih memilih untuk mengonsumsi produk-produk tersebut.
 
Konsumen di Amerika Serikat mengaku bahwa produk bersertifikat halal umumnya lebih sehat, segar dan berkualitas
Sertifikasi Produk Halal di Indonesia Masih Melempem

Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2016 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) belum berfungsi maksimal. Hasil penelitian Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) menunjukkan, pelaku usaha bersertifikasi halal masih jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah produk yang dihasilkan.

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan para pelaku usaha menunda melakukan sertifikasi halal atas produk-produk mereka. Pertama, UU tersebut belum bisa dilaksanakan secara operasional sebab Peraturan Pemerintah (PP) yang tidak kunjung dikeluarkan. 

Kedua, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang merupakan amanat UU JPH juga belum didirikan. Padahal, menurut Saleh, BPJPH inilah yang menjadi garda terdepan dalam penyelenggaraan JPH. 

Faktor ketiga, ada kemungkinan pelaku usaha merasa kesulitan untuk menyertifikasi beberapa jenis produk mereka, misalnya produk farmasi. Saleh mencontohkan, kesulitan produsen farmasi yang mengimpor bahan baku dari luar negeri. Jika bahan baku itu ternyata tidak halal dan tidak bisa digantikan dengan bahan lain, maka produsen farmasi tentu akan kesulitan.

Keempat, Saleh menilai kesadaran masyarakat selaku konsumen terhadap produk halal belum begitu baik. Faktor kehalalan suatu produk belum menjadi faktor utama dalam memilih dan membeli suatu produk. Akibatnya, produsen menilai bahwa kehalalan suatu produk tidak memengaruhi nilai ekonominya. Artinya, ada atau tidaknya sertifikat halal dalam produknya, tidak memengaruhi pendapatan perusahaan.

Pemerintah sendiri menyatakan baru akan memberlakukan Undang-Undang No. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal secara efektif pada 2019, karena harus melakukan sosialisasi selama lima tahun.

Nur Syam, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, mengatakan pihaknya harus melakukan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait pemberlakuan UU Jaminan Produk Halal. Hal itu membuat beleid tersebut tidak dapat langsung diberlakukan secara efektif, meskipun telah disahkan. Duh!

Ahok Kurang Serius Terapkan Pergub Sertifikasi Halal

DKI Jakarta sebagai ibu kota negara juga jauh ketinggalan dalam penerapan sertifikasi halal untuk rumah makan. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diminta serius menerapkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI No 158/2013 tentang Sertifikasi Halal Restoran dan non-Restoran. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan para pelaku usaha dinilai tidak sungguh-sungguh menjalankan amanat ini.

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah menyampaikan, setelah tiga tahun Pergub DKI 158/2013 ini diberlakukan melalui Berita Daerah No. 65023 tanggal 24 Desember 2013, peraturan tentang sertifikasi bagi restoran dan restoran ini tidak kunjung dilaksanakan secara sungguh-sungguh.
Baik Pemerintah provinsi sebagai pelaksana pergub maupun maupun para pelaku usaha restoran dan non-restoran tidak juga melaksanakan ketentuan dalam peraturan tersebut.

Tidak adanya komitmen terhadap peraturan yg dibuat sendiri ini terlihat dari jumlah restoran yang ada di Jakarta dan yang memiliki sertifkat halal. Hingga saat ini ada sekitar 1.981 restoran dan hanya 36 saja yang telah bersertifikasi halal atau hanya 1,8 persen saja, selebihnya tidak jelas.

Bandingkan dngan Bangkok telah memiliki 172 restoran bersertifikasi halal dari total 2.000 restoran. Padahal, Bangkok adalah ibu kota negara yang berpenduduk mayoritas non-Muslim, namun kesadaran dan komitmen restoran halal jauh lebih tinggi dibanding Jakarta

Menurut Ikhsan, ini terjadi karena Pemerintah Provinsi DKI masih belum menjadikan kebutuhan umat Muslim akan restoran dan produk halal sebagai prioritas. Ini seharusnya menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memenuhi kebutuhan warganya memperoleh makanan dan minuman halal.

Halal Guys, Kisah Sukses Bisnis Makanan Halal di New York

Berawal dari satu gerobak, Halal Guys menjadi perusahaan besar dengan bisnis yang berkembang pesat di Amerika Serikat

Salah satu restoran yang berjasa memopulerkan produk halal di kalangan urban Amerika Serikat adalah Halal Guys yang awalnya hanya “pedagang kaki lima” yang menjajakan produk daging halal di New York. Mereka menjadi sangat terkenal karena kelezatan makanannya sehingga mereka saat ini sudah berbentuk perusahaan dan berencana untuk membuka 300 restoran di seluruh Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan.

Memang pelanggan Halal Guys tidak terlalu peduli dengan kehalalan makanan yang mereka sajikan. Kenyataannya sebagian besar pelanggan bukan Muslim dan bahkan tidak tahu menahu apa yang termasuk kriteria makanan halal. Tetapi mereka setuju satu hal, Halal Guys memberikan rasa masakan yang super lezat. Menu yang paling populer dari Halal Guys adalah daging dombanya.


Wah, sobat Ngelmu yang punya modal dan bakat masak kayanya bisa tuh coba peruntungan buka warung halal di Amrik!

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Aceh,3,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,2,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,7,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,85,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,224,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebudayaan,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,Kivlan Zein,1,kjp,1,KKR Natal,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Kompetisi Halal Dunia,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,118,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,34,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,43,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,52,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,21,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,36,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,6,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,21,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Bisnis Makanan Halal Booming di Amrik, Sertifikasi Halal di Indonesia Justru Keleleran
Bisnis Makanan Halal Booming di Amrik, Sertifikasi Halal di Indonesia Justru Keleleran
http://samsalleh.com/wp-content/uploads/2016/08/question-halal-e1384878422397.jpg
https://img.youtube.com/vi/YE4SyvIQOog/default.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/09/bisnis-makanan-halal-booming-di-amrik.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/09/bisnis-makanan-halal-booming-di-amrik.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy