13 Permintaan Anak yang Tak Pernah Terucap

Anak bak malaikat kecil tak berdaya di tengah ego yang terkadang muncul dari peranan orang di sekitarnya (Foto: syahlaa)


Oleh Muhamad Fadhol Tamimy


Ngelmu.com - Ia mungkin tak bisa mengungkapkan dengan terus terang. Ia pun tak bisa dengan mudahnya jujur tentang keluh kesah yang selama ini ia rasa. Ia mungkin laksana malaikat kecil yang dirindukan, namun sekaligus menjadi malaikat kecil tak berdaya di tengah ego yang terkadang muncul dari peranan orang di sekitarnya.

Mungkin ia lelah dengan semua ini, hingga terkadang menampakkan sisi keegoisan, kenakalan, ketidaksukaan, ketakutan, hingga kekurang ajaran dalam bersikap. Ya, sosok malaikat kecil tersebut adalah anak. Begitu lucunya mereka, namun bagi Anda yang tak mampu memahaminya, mereka akan menampakkan sisi permusuhan pada diri Anda. Oleh sebab itu, penting kiranya untuk memahami apa yang menjadi harapan dan permintaan mereka.

Bukan maksud untuk memanjakan, namun realitanya adalah, Anda tak akan mendapatkan kasih sayang dan pengharapan mereka, jika Anda sendiri egois untuk tak mau mendengar keluh kesah dan harapan mereka. Berikut ini adalah 13 permintaan anak yang tak pernah terucap, namun selalu mereka harap dengan penuh cemas.

1. Jangan marahi aku di depan orang banyak

Permintaan anak yang tak pernah terucap yang pertama yaitu jangan memarahinya di depan orang banyak. Tak ada satu orang pun yang menginginkan untuk dipermalukan di depan orang banyak. Bahkan orang dewasa sekalipun yang telah memiliki nalar dan fungsi konstruk berpikir yang telah lengkap sempurna berkembang pun, dapat tersinggung hingga menampakkan reaksi perlawanan pada Anda, apalagi anak kecil.

Ketahuilah bahwa, seorang anak membutuhkan sebuah bimbingan yang baik, bukan aksi marah yang Anda umbar di depan umum. Terlebih lagi pada saat mereka sedang asyik bermain bersama teman-teman.

Memarahi di depan teman-temannya hanya akan membuat mereka merasa malu, dan berpotensi di-bully teman-temannya di kemudian hari. Tentu, Anda telah mengetahui dampak bullying terhadap pertumbuhan seorang anak bukan?

2. Biarlah ia mencoba, beritahu ia dengan lembut jika ia melakukan kesalahan

Mungkin ia belum mampu melakukan segalanya, namun tak sepatutnya dengan ketidakmampuan mereka, menjadikan Anda berhak untuk mengekang segala bentuk aktivitas dan kreativitas mereka dengan alasan legalitas bahwa Anda orangtua mereka.

Ketahuilah bahwa, sebagai orangtua ada baiknya melakukan pengarahan, pendidikan, dan fungsi nasehat yang baik dan lembut, bukan dengan pengekangan, pelarangan, dan menghardik jika mereka melakukan kesalahan akibat tidak mendengarkan Anda.

Foto: hijabina
3. Aku ingin jadi diri sendiri, maka hargailah aku

Penghargaan yang baik pada anak, akan membuat anak tumbuh kembang menjadi pribadi yang percaya diri. Hinaan dan membandingkan ketidakberdayaan anak dengan kemampuan orang lain hanya akan menjadikan anak pribadi yang cenderung minder, ataupun jika ia menjadi lebih baik, bisa jadi hal itu bukan karena tulus dari dalam hatinya. Namun, hal tersebut tak sedikit dikarenakan adanya faktor perlawanan pada diri Anda sebagai orangtuanya.

Jika telah muncul bibit-bibit perlawanan dalam dirinya, yakinkah Anda ia akan mencurahkan segala keluh kesah pada Anda? Entahlah, hanya waktu yang akan menjawab semuanya.

4. Cobalah mengerti aku dan cara belajarku

Setiap anak dilahirkan untuk menjadi spesial dan berkemampuan. Tak cukup hanya dengan standar kepintaran yang mainstream dimana anak harus mengikuti pakem pembelajaran monoton agar berhasil mencapai standar nilai idaman di atas secarik kertas.

Tak sedikit pula gaya pendidikan yang dilakukan oleh orangtuanya di rumah dan guru di sekolah, membuat anak terpenjara pada ketidaknyamanan pada sebuah tuntutan untuk menjadi mampu dan pintar dengan gaya pembelajaran klasik. Padahal, menurut hukum kecerdasan seorang manusia seperti dipaparkan tokoh psikologi bernama Gardner, manusia memiliki 8 tipe kecerdasan yaitu musical, visual-spasial, verbal-lingustic, logical mathematical, kinesthetic, interpersonal, intrapersonal, dan naturalistic. Oleh sebab itu, ada baiknya bagi para orangtua ataupun guru memahami bagaimana cara belajar dari anak.

5. Jangan bandingkan aku dengan kakak atau adik atau orang lain

Membandingkan hanya akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari, bukan menjadikan anak nurut mengikuti harapan Anda. Dengan membandingkan dengan orang lain, justru membuat anak semakin menjauh daripada harapan yang Anda.

6. Ayah ibu jangan lupa aku adalah representasi dirimu

Memperlakukan anak membutuhkan kesabaran, dan waktu yang lebih agar ia dapat menyelaraskan dengan keinginan dan harapan Anda. Terkadang mungkin anak membuat Anda gusar karena perilakunya yang membentak saat bereaksi atas ketidaknyamanannya.

Fatalnya, terkadang tak sedikit orangtua yang menyikapi bentakan dari anak, dengan cara membentak balik, bahkan dibumbui kekerasan. Sekiranya hal ini terjadi, mari kembali merenungi penyebab anak melakukan hal yang demikian, bukan berfokus pada apa yang terjadi dan dilakukan sang anak. Ingat bahwa anak adalah representasi dari apa yang telah Anda lakukan dan ajarkan pada mereka.

Foto: islamedia
7. Kian hari umurku kian bertambah, jangan anggap aku anak kecil

Selalu saja dari hari ke hari, ia dianggap anak kecil. Hardikan dan bentakan saat ia mencoba untuk melakukan sesuatu yang menurut Anda ia belum mampu, selalu diterimanya. Sesekali waktu saat ia mencoba untuk menjelaskan apa yang dirasakannya pun, tak jarang engkau bentak dengan “jangan banyak bicara, kamu ini masih kecil!!”.

Betapa hatinya langsung membatu, terluka, dan bahkan berpotensi menyimpan dendam. Ya, dendam yang dialamatkan pada diri Anda yang membentak, orangtua kandung yang seharusnya memberikan limpahan kasih sayang.

8. Jangan membuatku bingung, maka tegaslah padaku

“Dahulu boleh, sekarang tidak boleh. Atau dahulu sewaktu aku merengek aku dibolehkan, padahal aku tahu bahwa engkau memang tidak menginginkan”. Sekelumit ucapan tersebut terkadang hadir di benak sang anak. Untuk itu, penting sebagai orangtua untuk mengubah gaya yang abu-abu menjadi gaya pengasuhan hitam putih. Hanya dengan ketegasan mereka dapat mengerti antara benar dan salah. Namun, terapkanlah ketegasan yang tidak melukai hati, kalaupun harus melukai hati, goreslah hatinya dengan seminimal mungkin sakit yang dirasakannya.

9. Jangan ungkit-ungkit kesalahanku

Tidak ada seorang pun yang ingin diungkit kesalahannya. Mengungkit kesalahannya hanya akan menimbulkan kembali luka lama, yang sebenarnya hendak mereda. Dengan mengungkit kesalahan, menjadikannya mencontoh Anda dalam melakukan hal yang serupa pada orang lain kelak.

Foto: rumahkeluargaindonesia
10. Jangan memarahiku dengan hal-hal buruk

Ucapan semakna dengan harapan dan doa. Ketika ucapan itu terus menerus diucapkan dan didengar, maka ucapan tersebut menjadi sebuah informasi yang bersifat menetap dalam pikiran. Jika pikiran telah terbentuk maka, perkataan tadi menjadi sebuah spirit untuk mewujudkan ke dalam realita.

Oleh sebab itu, segala bentuk perkataan dan ucapan baik ataupun buruk, jika diucapkan berulangkali akan memiliki dampak dalam diri seseorang.

11. Aku adalah ladang pahala bagimu

Tahukah Anda bahwa saat Anda sabar dalam menghadapi anak, maka saat itu jugalah pahala hadir di hadapan. Oleh sebab itu, perlakukanlah anak dengan rasa kasih sayang, bukan dengan hardikan kasar nan mencela, terlebih di hadapan orang-orang.

12. Jangan melarangku hanya dengan kata "jangan"

Setiap ayah/bunda melarang anak untuk bermain, beraktivitas, maupun berkreativitas sesuai kehendaknya, maka cobalah untuk memberiku rasionalisasi mengapa anak tidak boleh melakukannya. Karena jika larangan tak disertai dengan rasionalisasi, hanya akan memperlihatkan sisi penghukuman atas kreaativitas yang telah dilakukan oleh anak. Akibatnya anak akan menjadi tidak kreatif karena dalam bayangannya ia merupakan anak yang salah jika berkreativitas.

13. Cintailah aku sepenuh hatimu

Mungkin tak banyak anak yang dengan leluasa dan gampangnya mengungkapkan rasa cinta pada diri Anda. Namun tahukah Anda, bahwa anak ingin sekali mendapatkan cinta dan kasih sayang yang tulus dari Anda.

Banyak dari anak yang tak mendapatkan kasih sayang secara tulus, yang pada akhirnya membuat anak justru mencari perhatian dengan cara yang salah. Atau bisa jadi sang anak mencari kasih sayang lain di luar orangtuanya, yang mana jika lingkungan yang menerima kasih sayangnya salah, justru akan membuat anak mendapatkan permasalahan baru.

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Aceh,3,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,2,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,7,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,85,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,224,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebudayaan,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,Kivlan Zein,1,kjp,1,KKR Natal,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Kompetisi Halal Dunia,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,118,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,34,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,43,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,52,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,21,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,36,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,6,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,21,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: 13 Permintaan Anak yang Tak Pernah Terucap
13 Permintaan Anak yang Tak Pernah Terucap
https://2.bp.blogspot.com/-0eIuRma2lj4/WAXTRcT-_TI/AAAAAAAAAEs/pzWU6eAJ4ogWLcV7nScEK6VuHgljG1AYQCEw/s640/ibu%2Bdan%2Banak_syahlaa.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-0eIuRma2lj4/WAXTRcT-_TI/AAAAAAAAAEs/pzWU6eAJ4ogWLcV7nScEK6VuHgljG1AYQCEw/s72-c/ibu%2Bdan%2Banak_syahlaa.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/10/13-permintaan-anak-yang-tak-pernah.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/10/13-permintaan-anak-yang-tak-pernah.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy