Pengertian Globalisasi : Dampak Postif Dan Dampak Negatif Globalisasi

SHARE:

Globalisasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses dimana dalam kehidupan sehari-hari, informasi dan ide-ide menjadi tolak ukur standar di seluruh dunia. Proses tersebut diakibatkan oleh bertambah canggihnya teknologi informasi dan komunikasi serta transportasi dan kegiatan ekonomi yang sudah memasuki pasar dunia.


Dari latar belakang diatas ada beberapa ahli yang mencoba mengartikan globalisasi, berikut informasi tentang pengertian globalisasi menurut para ahli:

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  • Pengertian Globalisasi menurut Selo Soemardjan

Globalisasi adalah sebuah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada diseluruh dunia. Adapun tujuan globalisasi untuk mengikuti kaidah-kaidah dan sistem tertentu seperti PBB dan OKI.

  • Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman

Globalisasi adalah suatu proses untuk menjadikan benda atau perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri dan setiap individu dalam dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.

  • Pengertian Globalisasi menurut Thomas L. Friedman

Globalisasi mempunyai dimensi teknologi dan ideologi. Dalam dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia, dan Dimensi Ideologi berupa pasar bebas dan kapitalisme.

  • Pengertian Globalisasi menurut Malcom Waters.

Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang memiliki akibat karena pembatasan geografisa pada kondisi sosial budaya sudah tidak atau kurang penting lagi dan tidak menjadi dalam kesadaran orang.

  • Pengertian globalisasi menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi adalah suatu proses yang mencakup kasus, penyebab dan konsekuensi dari perpaduan transkultural dan transnasional pada kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh mesin.

  • Pengertian Globalisasi menurut Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan dalam menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan tertutup dalam saling kebergantungan dan adanya persatuan dunia.

  • Pengertian Globalisasi menurut Anthony Giddens

Globalisasi adalah intensifikasi hubungan masyarakat di seluruh dunia yang mengaitkan seluruh daerah sehingga kejadian lokal dapat terbentuk dari peristiwa yang terjadi bermil-mil jaraknya dan sebaliknya.

  • Pengertian Globalisasi menurut Martin Albrow

Globalisasi adalah seluruh proses dimana penduduk dunia akan terhubung dalam sebuah komunitas global dan dunia tunggal.

  • Pengertian Globalisasi menurut Princeton N. Lyman

Globalisasi adalah pertumbuhan yang cepat atas keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan.

  • Pengertian Globalisasi menurut Laurence E Rothenberg

Globalisasi adalah sebuah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan perpaduan antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari negara yang berbeda.

  • Pengertian globalisasi menurut Scholte

Globalisasi adalah suatu proses meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan identitas kenegarannya, namun tetap bergantung pada antara satu dengan yang lainnya.


Globalisasi sudah menjadi sebuah kenyataan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak mungkin untuk dihindari karena proses berlangsung menyebar dan disegala sektor sudah terpengaruhi oleh arus globalisasi antara lain:

Pengaruh Globalisasi di bidang Ekonomi. 

Adanya pasar bebas di mana segala produk yang ada di sebuah negara akan dijual secara bebas ke negara lain tanpa adanya pajak sehingga banyak produk-produk asing yang akan masuk dalam negara kita.

Globalisasi perekonomian merupakan salah satu proses ekonomi serta perdagangan, di mana seluruh negara didunia menjadi satu kemampuan pasar yang semakin terpadu dengan tidak ada lagi halangan batas wilayah negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan adanya sebuah penghilangan seluruh batasan dan kendala pada arus modal, layanan serta barang. 

Ketika globalisasi ekonomi itu berlansung batas-batas satu negara akan bakal menjadi samar-samar serta adanya keterikatan pada ekonomi nasional dengan perekonomian internasional yang akan makin erat. Globalisasi perekonomian pada satu pihak akan bakal membuka kesempatan pada produk yang berasal dari dalam negeri mengarah ke pasar internasional secara kompetitif. Kemudian sebaliknya juga dapat membuka kesempatan masuknya produk-produk global pada pasar domestik. 

Munculnya globalisasi ekonomi itu ditandai dengan semakin menipisnya batas-batas geografis dari kegiatan pasar atau ekonomi dengan cara regional dan nasional. Dengan hal tersebut, akan banyak negara yang mengikut serta untuk menjadi satu sistem global atau mendunia untuk mengikuti kemampuan pasar global sampai tidak ada konsisi yang berasal dari pemerintah. 

Globalisasi ekonomi merupakan perpaduan ekonomi nasional banyak bangsa menjadi satu sistem ekonomi global. Seluruh segi perekonomian, bahan mentah, suplai keinginan, tenaga kerja keuangan, distribusi aktivitas pemasaran dan transportasi akan menyatu dan berpadu serta tersambung menjadi jalinan yang sama-sama memiliki ketergantungan yang bertaraf internasional. 

Pengaruh Globalisasi di bidang Politik 

Semakin besarnya pengaruh sistem demokrasi dalam masyarakat sehingga dapat berturut aktif dalam mengadakan kehidupan bersama, menghargai hak dan kewajibab, serta menghormati hak asasi manusia. 

Globalisasi akan mempengaruhi pelaksanaan kekuasaan, kedaulatan negara, organisasi internasional dan hubungan internasional. Termasuk juga yang didalamnya yakni perbatasan dari antara negara tetangga atau bentuk beberapa perihal atau kesepakatan hubungan internasional. Seperti hubungan indonesia dan malaysia yang pada awalnya menjalin persahabatan, kemudian berselisih hanya karena permasalahan TKI ilegal, lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan dari wilayah indonesia yang menjadi wilayah kekuasaan malaysia serta penyelundupan kayu logging yang berasal dari Malaysia. 

Pengaruh Globalisasi di bidang Budaya

Semakin besarnya pengaruh kebudayaan asing yang sudah menyentuh dalam setiap lapisan masyarakat dan seluruh orang, seperti adanya perubahan pola perilaku dengan cara berpakaian dan berbahasa karena pengaruh musik serta film yang ada dinegara lain, contohnya film korea. 

Globalisasi telah mempengaruhi seluruh dimensi yang ada pada masyarakat, termasuk salah satunya yaitu budaya. Kebudayaan dapat kita simpulkan menjadi nilai-nilai atau values yang telah diyakini oleh banyak orang maupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai macam hal. 

Dampak globalisasi pada budaya demikian menyeluruh yang diantaranya yaitu pakaian. Informasi yang berasal dari media massa saja dapat kita buka oleh siapapun yang pada akhirnya dapat membawa perubahan tata busana yang berkembang di mana awalnya masih bersumber pada nilai-nilai budaya itu sendiri yang sekarang ini semakin beralih mengarah ke barat-baratan. Tata busana yakni salah satu contoh globalisasi yang menjadi bagian dari sosial budaya. Adapun contoh yang lainnya yaitu budaya bicara, berfikir dan konsumerisasi. 

Dengan beragamnya kondisi seperti itu disadari atau tidak bahwa pada masa globalisasi ini terdapat fakta yang tidak dapat kita sangkal yakni ada pertarungan antara peradaban atau pertarungan antar budaya timur dengan barat. Kelihatannya, yang menjadi pemenang dari pertarungan tersebut dimenangkan oleh budaya barat. Hal semacam ini dapat kita lihat dari banyaknya tanda-tanda yang menggandrungi budaya import  berasal dari barat. 

Pengaruh Globalisasi di bidang Sosial 

Lahirnya sebuah kesadaran global di mana manusia selalu merasa menggantungkan diri dan saling membutuhkan. 

Pengaruh Globalisasi di bidang Ekologi 

Semakin meningkatnya kebutuhan pada manusia pada sumberdaya alam sehingga terus melakukan eksploitasi secara yang berlebih. 

Pengaruh Globalisasi di bidang hukum 

Globalisasi telah meningkatkan interdependensi antar negara dimana salah satunya mempunyai bentuk yakni berlakunya beberapa standar baku internasional dari beberapa bagian kehidupan, melemahnya ikatan nasional, etnosentrisme, dan primordial yang lantas berpengaruh pada sektor hukum. Indonesia tidak terlepas dari pengaruh globalisasi hukum. Pada fenomena ini terlihat dari adanya kecenderungan pergantian bidang hukum yang telah di pengaruhi oleh globalisasi yakni diratifikasinya sebagian piranti konvensi hukum internasional yang menjadi hukum nasional indonesia. 

Pengaruh Globalisasi di bidang Agama dan Kepercayaan 

Pada sistem globalisasi yang berdimensi secara global dapat menyentuh kebiasaan beragama yang mempunyai kekuatan nilai, norma serta makna yang memberikannya secara mendasar norma untuk kehidupan dari masyarakat. Akan tetapi, akibat dari perubahan teknologi komunikasi dan informasi dapat menyebabkan terjadinya sebuah pergeseran agama, budaya dan nilai. Pengaruh negatif yang memang mungkin saja berlangsung dapat membuat orang-orang mencari sebuah alternatif spritual lain untuk memperoleh makna hidup yang sebenarnya. 

Pengaruh Globalisasi di bidang Komunikasi dan Informasi 

Komunikasi dan informasi yang telah di dukung adanya pemanfaatan teknologi yang dapat dikerjakan secara efisien dan mudah. Pada teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan efektivitas serta efisiensi yang sangat begitu bermakna untuk kehidupan umat manusia. Beberapa media massa seperti berita, film, surat, tv dan radio sekarang ini telah di dukung oleh teknologi yang modern di mana dapat menangani jarak untuk penerima dan pengiriman pesan. 

Media Massa itu dapat digunakan dalam melakukan komunikasi antar warga dan menciptakan saling pengertian serta kerjasama antar bangsa. Pada fenomena tersebut telah memperlihatkan bahwa kalau teknologi komunikasi melalui media massa dapat mempengaruhi pola fikir dari setiap masyarakat dan individu.  

Untuk kehidupan bangsa indonesia, bahwa masuknya pengaruh asing pada era globalisasi ini sudah tidak dapat kita bendung lagi. Komunikasi antar bangsa yang ada di dunia ini semakin intens. Perkembangan teknologi dan sistem informasi dari bangsa-bangsa yang lain juga cenderung semakin memiliki penambahan. hal tersebut sudah membawa konsekuensi dampak yang luas bisa saja negatif atau positif. Nah, berikutnya akan terdapat penjelasan lengkap yang berkaitan dari dampak negatif dan positifi globalisasi dari berbagai bidang Mudah-mudahan bermanfaat.

Tentunya kemunculan globalisasi karena ada kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlepas dari dampak globalisasi, di mana terdapat dampak positif globalisasi serta dampak negatif globalisasi pada kehidupan bermasyarakat secara mendunia.

Efek Positif Globalisasi 

Dampak Positif di Bidang Politik 

  • Danyaknya partai politik dan meningkatnya kesadaran berpolitik oleh masyarakat. 
  • Terjadinya sebuah perubahan dari beberapa instansi negara. Seperti lahirnya MK, DPD dan lain-lain di Indonesia. 
  • Terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan di beberapa negara. 

Dampak Positif di Bidang Ekonomi 

  • Menjalani ekonomi kerakyatan seperti yang telah diamanatkan oleh Pancasila yaitu sila keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia dan pasal 33 UUD 1945. 
  • Meningkatkan volume ekspor untuk hasil produksi industrik kecil dan besar serta hasil kerajinan rakyat. 
  • Suku bunga bank yang rendah. 
  • Membuka lapangan kerja yang memiliki keterampilan kerja. 
  • Mendorong terjadinya percepatan perkembangan ekonomi nasional. 
  • Mempermudah sistem pembangunan industri. 
  • Rakyat secara mudah memperoleh barang konsumtif yang diperlukan. 

Dampak Positif di Bidang Sosial Budaya 

  • Semakin pesatnya perubahan teknologi dan informasi. 
  • Terjadinya pergeseran nilai kehidupan yang ada di masyarakat. 

Dampak Positif di Bidang Hankam 

  • Dibutuhkan pasukan bersenjata untuk keperluan perdamaian negara-negara yang sedang bergejolak. 
  • Terjadinya hubungan kerja keamanan dan pertahanan. 

Dampak Negatif Globalisasi 

Dampak Negatif di Bidang Politik 

  • Berkembangnya kebiasaan dalam jalankan money politik pada kehidupan masyarakat. 
  • Munculnya sikap arogansi dalam berpolitik. 

Dampak negatif di Bidang ekonomi 

  • Munculnya kebijaksanaan pemerintah yang tidak menguntungkan petani 
  • Matinya usaha kecil yang tidak dapat bersaing. 

Dampak Negatif di Bidang Sosial Budaya 

  • Semakin terjadi peningkatan budaya kekerasan yang akan berlangsung pada kehidupan masyarakat. 
  • Hilangnya rasa kebersamaan yang menjadikan kehidupan masyarakat bersifat individualis. 
  • Semakin mudahnya memperoleh beberapa barang ilegal seperti nar*koba dan por*nografi. 
  • Susahnya mengontrol dan menyeleksi masuknya budaya asing yang tidak sesuai atau sesuai dengan kebudayaan bangsa indonesia. 

Dampak Negatif di Bidang Hankam 

  • Masyarakat serta bangsa Indonesia perlu menyiapkan diri supaya dapat memenangkan arus globalisasi ini. Maksudnya yaitu untuk dapat memperoleh beberapa sisi positif dari globalisasi dan dapat menghindari diri dari segala aspek negatif globalisasi. 
  • Ada campur tangan dari pihak asing untuk membentuk keputusan di Indonesia. 
  • Terjadinya sebuah pelanggaran teritorial negara republik Indonesia. 
  • Terdapat tanda-tanda disintegrasi bangsa yang akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa serta negara kesatuan republik Indonesia. 
  • Munculnya beberapa gerakan separatisme 

Cara Mengantisipasi Dampak negatif Globalisasi 

  • Berusaha membuat pemerintahan bersikap demokratis dan transparan. 
  • berusaha senantiasa untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan jati diri nasional. 
  • Berusaha menumbuhkan budaya serta sikap hidup global seperti terbuka, optimis, menghormati karya, kreatif dan mandiri. 
Jadi, bangsa indonesia mesti dapat meningkatkan profesionalisme pada sumber daya manusia atau SDM supaya dapat menyeleksi masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Kemudian mengenai dampak negatif dan positif dari globalisasi itu tergantung dari negara yang akan menerima globalisasi. 

Bangsa Indonesia tidak akan dapat memperoleh segi positif dari globalisasi bila tidak bisa mempersiapkan diri secara baik. Demikian sebaliknya, kita akan dapat menghindari beberapa sektor negatif dari globalisasi kalau kita juga bisa menyiapkan diri secara baik.

COMMENTS

Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,1,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,19,aksi 312,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,6,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,76,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,204,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,kjp,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,114,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,33,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,34,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,51,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,20,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,33,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,3,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,17,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Pengertian Globalisasi : Dampak Postif Dan Dampak Negatif Globalisasi
Pengertian Globalisasi : Dampak Postif Dan Dampak Negatif Globalisasi
Pengertian Globalisasi
https://3.bp.blogspot.com/-WkgVExyC8bY/WAS0oy3Y0II/AAAAAAAABds/bert2Bg1w8EVurFkS9vgfe-e3iuAt9PtACLcB/s400/pengertian%2Bglobalisasi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-WkgVExyC8bY/WAS0oy3Y0II/AAAAAAAABds/bert2Bg1w8EVurFkS9vgfe-e3iuAt9PtACLcB/s72-c/pengertian%2Bglobalisasi.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/10/pengertian-globalisasi-dampak-postif.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/10/pengertian-globalisasi-dampak-postif.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy