Pengertian Komputer : Sejarah Dan Manfaat Komputer

SHARE:

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer dalam bahasa inggris yaitu to compute yang berarti orang yang tengah mengkalkulasi, tengah dalam bahasa latin yakni computare yang berarti menghitung. komputer yang sering dijadikan pengertian untuk mengartikan komputer, karena pengertian komputer ini berasal dari banyak ahli komputer. Komputer yaitu suatu benda yang saat ini dapat didapati disegala jenis tempat yang secara khsusus ada di perkotaan. Hal tersebut dikarenakan ada manfaat atau manfaat komputer itu sendiri. Sebelum kita jauh mengkaji tentang komputer mari kita membenturkan pengertian komputer menurut para ahli dan membahas sedikit sejarah komputer serta manfaat komputer. 

Kita sudah mengetahui apabila komputer yakni satu alat elektronik yang mempunyai banyak manfaat dan dapat kerjakan banyak pekerjaan. Pada zaman dulu saat perang dunia ke-2, komputer bertindak sebagai alat perhitungan operasi aritmatika. 

Diluar itu komputer bisa pula di artikan sebagai himpunan alat elektronik yang keduanya sama terkordinasi keduanya sampai dapat terima satu data, lalu mengolah, dan bisa menghasilkan satu output berbentuk informasi. 

Komputer yaitu alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Kata Computer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tidak ada alat bantu, namun makna kata ini lalu dipindahkan pada mesin itu. 

Pengertian komputer menurut William dan Sawyer menyatakan bahwa komputer adalah suatu mesin yang memiliki banyak kegunaan yang dapat diprogram, menerima data serta menjalan segala proses memanipulasi dalam bentuk informasi sehingga dapat di gunakan. 

Pengertian komputer menurut Elias M. Awad menyatakan bahwa komputer adalah suatu alat untuk menghitung yang dapat mengolah data sehingga dapat memperlihatkan dalam bentuk data analog dan data digital. 

Asal permulaannya, pemrosesan informasi hampir eksklusif terkait dengan permasalahan aritmatika, namun computer modern digunakan untuk banyak pekerjaan yg tidak terkait dengan matematika. 

Dalam makna seperti itu ada alat seperti slide rule, type kalkulator mekanik dimulai dari abakus dan lain-lain, sampai semua computer elektronik yang kontemporer. Arti tambah baik yang cocok untuk arti luas seperti ” computer ” yaitu ” yang mengolah informasi ” atau ” sistem pengolah informasi. ” Sepanjang bertahun-tahun sudah banyak arti yang tidak sama dalam kata ” computer “, serta beberapa kata yang berbeda itu saat ini disebut dijelaskan sebagai computer. 

Kata computer secara umum pernah digunakan untuk mendefiniskan orang yang lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tidak ada mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata itu dipakai dalam bhs Inggris pada tahun1646  kata untuk ” orang yang mengkalkulasi ” lalu mendekati 1897 juga dipakai untuk ” alat hitung mekanis “. Selama Perang Dunia II kata itu menunjuk pada sebagian pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya mengkalkulasi jalan artileri perang dengan mesin hitung. 

Charles Babbage mendesain satu diantara mesin kalkulasi pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin simpel seperti slide rule juga sudah bisa diterangkan untuk computer. 

Beberapa ahli juga mempunya pendapat masing-masing tentang pengertian computer itu, sebagai mana yang akan kita bahas berikut ini tentang pengertian computer menurut beberapa ahli, seperti berikut :
  • Pengertian komputer menurut William M. Fuori yang menyatakan bahwa komputer adalah suatu alat untuk melakukan banyak proses terhadap data yang dapat secara cepat untuk menjalankan perhitungan besar seperti termasuk adanya perhitungan aritmetika, operasi logika dengan tanpa adanya dampak dari campur tangan manusia. 
  • Pengertian komputer menurut Sanders (1985) menyebutkan kalau computer yaitu system elektronik untuk merekayasa satu data dengan cepat dan cocok serta dirancang, diorganisasikan supaya automatis menerima serta menaruh data input, memprosesnya dan membuahkan satu output sesuai sama instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam memori.
  • Pengertian komputer menurut Menurut V. C hamacher dalam bukunya “Computer Organization” : Computer yaitu satu mesin penghitung elektronik yang cepat serta bisa terima info input digital lalu memprosesnya pas dengan program yang tersimpan di memorinya, serta membuahkan output berupa info.
Perkembangan komputer sudah memunculkan adanya beberapa istilah contohnya perangkat lunak yang disebut software, perangkat keras komputer yang disebut sebagai hardware dan pengguna komputer yang disebut brainware. 

Sejarah komputer

Sesudah kita membahas beberapa pengertian komputer yang diterangkan dari beberapa para ahli, ada baiknya kita melangkah pada pembahasan mengenai sejarah komputer serta perkembangannya dari setiap generasi. 

Generasi pertama yang keluar dalam sejarah komputer itu dimulai dimasa perang dunia kedua pada tahun 1941. Pada ketika itu seorang insinyur Jerman, yang bernama Kondrad Zuse telah membuat komputer yang memiliki nama Z3 yang dapat diperlukan untuk mendesain bentuk peluru kendali dan pesawat terbang. Kemudian, diikuti dengan Inggris juga mengembangkan komputer yang dapat digunakan dalam memecah segala macam kode rahasia Jerman yang di kenal sebagai Colossus di tahun 1943. 

Setelah itu, tidak lama Jerman dan Inggris merancang komputernya, ternyata Amerika juga ikut mengembangkan komputer oleh Howard H. Aiken yang berhasil membuat sebuah kalkulator elektronik untuk keperluan US Navy yang merupakan satu komputer paling besar yang mempunyai kabel sepanjang 500 ml serta mempunyai ukuran sepanjang setengah lapangan sepak bola. 

Komputer itu dinamakan Mark 1 atau di kenal sebagai The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang adalah suatu komputer relai elektronik. Komputer tersebut masih terbilang begitu sangat lamban dan tidak flexibel. Kemudian, lihat dari kekurangan alat sebelumnya di ciptakan lagi sebuah alat yang bernama ENIAC yang merupakan komputer dari hasil kerjasama antara Universitas Pennsylvania dengan Amerika Serikat, Komputer ENIAC ini terbilang rumit dikarenakan mempunyai 18 ribu tabung yang vakum, 5 juta titik solder dan 70 ribu resistor. 

Hal ini merupakan komputer yang ada dalam sejarah komputer yang mempunyai mesin begitu besar sehingga telah memerlukan daya yang sebesar 160 kW di mana untuk menghidupkan komputer ENIAC. Komputer ENIAC ini sudah di rancang oleh John Presper Eckert serta John W. Mauchly yang mempunyai kecepatan dalam bekerja yang 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark 1. 

Intinya, dari sejarah komputer yang ada pada generasi pertama komputer ini di buat dalam menjalankan beberap tugas tertentu. Adapun ciri-ciri dari komputer yang ada pada generasi pertama ini adalah belum seragamnya bahasa mesin yang telah digunakan dan adanya penggunaan tabung vakum yang memiliki ukuran yang begitu besar dan adanya penggunaan silinder magnetik sebagai fasilitas penyimpan data. 

Kemudian, sejarah komputer terus berlanjut dengan menciptakan komputer generasi kedua. Pada perkembangan komputer yang ada pada sejarah komputer ini di mana komputer generasi kedua telah banyak dipengaruhi oleh adanya perkembangan transistor yang memiliki ukuran yang lebih kecil. transistor tersebut mulai dimanfaatkan di komputer sejak tahun 1956. Pada penemuan yang lain berupa memori inti magnetik yang dapat menjadikan komputer berukuran lebih kecil, dihandalkan, hemat daya dan lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Komputer pada generasi kedua tersebut telah memiliki bahasa assembly yakni bahasa yang sudah menggunakan beberapa singkatan untuk menggantikan posisi kode biner. 

Komputer pada generasi kedua ini mempunyai beberapa komponen tambahan contohnya disket, memori, sistem operasi, program dan printer. Adapun salah satu dari komputer generasi kedua pada sejarah komputer yaitu IBM 1401. 

Kemudian pada penggunaan komputer di tahun 1965 tersebut telah didominasi untuk proses informasi keungan. 

Dalam sejarah komputer, komputer masih melakukan beberapa perubahan dengan melahirkan komputer generasi ketiga pada tahun 1958 setelah ditemukannya komponen Integrated Circuit atau IC yang ditemukan oleh Jack Kilby. Integrated Circuit atau IC telah ditemukan oleh seorang insinyur yang berasal dari daerah Texas. Instrumen ini berhasil mengombinasikan tiga komponen elektronika yang dalam sebuah piringan silikon kecil yang tersusun dari pasir kuarsa. 

Kemudian para ilmuwan telah berhasil dalam membuat sebuah chip yang merupakan suatu gabungan dari IC. Hal tersebut telah membuat komputer pada generasi ketiga menjadi berukuran lebih kecil, lebih hemat dalam penggunaan daya dan lebih cepat dalam pengoperasiannya. Penggunaan dari sistem operasi ini telah membuat komputer menjadi lebih mampu dalam menjalankan semua jenis program yang berbeda dengan dijalankan secara bersamaan. 

Upaya pengembangan kemampuan komputer terus dilanjutkan, dalam sejarah komputer dijelaskan bahwa terdapat kemunculan komputer generasi ke empat dengan adanya pengembangan LSI atau Large Scale Integration di tahaun 1980, VLSI atau Very Large Scale Integration dan ULSI atau Ultra Large Scale Integration di mana pada chip tunggal yang sudah terbuat dari segala jenis jumlah komponen-komponen. Hal tersebut bertujuan untuk dapat membuat komputer jadi lebih kecil, lebih efisien, lebih hemat daya, lebih murah dan sudah menjadikan komputer menjadi lebih handal. 

CPU pada komputer tersebut itu muncul di generasi ke empat ini yakni memiliki chip intel 4004 pada tahun 1971. 

Chip yang tertanam pada komputer ini sudah digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kemampuan untuk dirancang program sesuai dengan kebutuhan dalam menjalani komputer. Komputer pribadi atau personal komputer sudah dikenalkan oleh IBM di th. 1981. Perusahaan pc yang sudah berkompetisi pada masa generasi ke empat ini adalah Apple Macintosh dan IBM. Segala jenis prosesor serta bentuk komputer yang seperti Pentium, Pentiium II, penttium III, Pentium IV, ATHLON, AMD K6 yang disebut dari kelompok komputer yang ada pada generasi keempat. 

Pada generasi ke empat ini sudah berkembang sampai bermunculan komputer seperti laptop, notebook, palmtop, komputer dan lainnya. 

Kemudian untuk perkembangan komputer yang selanjutnya pada sejarah komputer yaitu sampai pada generasi ke lima yang diberfokus pada pengembangan artificial intelegence atau kecerdasan buatan atau komputer yang selalu selalu berpikir sendiri serta dapat berinteraksi dan dapat berkomunikasi dengan manusia serta memiliki pemahaman pada kondisi lingkungan yang ada di sekitar di mana berdasarkan pengalaman. Komputer tersebut pada generasi ke lima ini masih ada dalam tahap pengembangan.

Manfaat Komputer

Dari perkembangan komputer yang tertulis pada sejarah komputer tentunya mengalami terus perubahan, hal ini lah yang membuat kita berfikir bahwa ternyata komputer senantiasa terus dikembangkan karena komputer mempunyai manfaat yang begitu besar sehingga untuk mempermudah dalam menjelaskan mengenai manfaat komputer ialah dengan melakukan pembagian yang berdasarkan dari jenis-jenis komputer yakni.

  • Komputer Personal atau PC

Jenis perangkat ini mempunyai banyak manfaat. Dimana itu tergantung dari penggunanya, komputer dari jenis ini mempunyai kemampuan yang jauh lebih rendah dibandingkan komputer server namun untuk manfaat dan fungsi komputer tersebut itu tergantung dari brainwarenya atau pengguna.

  • Komputer server

Mempunya beberapa manfaat dalam menjadi pengontrol aliran data yang akan masuk dan akan keluar dari segala macam komputer yang terdapat dalam sistem jaringan yang ada. Sehingga komputer pada jenis ini mempunyai fungsi yang begitu penting didalam sistem jaringan. Komputer dari jenis ini dapat aktif dalam waktu yang sangat lama serta mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan komputer lainnya yang berada didalam jaringan tersebut.

COMMENTS

Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,1,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,19,aksi 312,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,6,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,76,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,204,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,kjp,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,114,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,33,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,34,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,51,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,20,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,33,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,3,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,16,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Pengertian Komputer : Sejarah Dan Manfaat Komputer
Pengertian Komputer : Sejarah Dan Manfaat Komputer
Pengertian Komputer
https://1.bp.blogspot.com/-CcTeBWkS5i8/WBMyhJudTgI/AAAAAAAABgo/-HTvyNRviV8bWUJFKUp52Vg92yn6eVuAQCLcB/s400/Gambar-Pengertian-Perangkat-Keras-Jaringan-Komputer-dan-Fungsinya-634x280.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CcTeBWkS5i8/WBMyhJudTgI/AAAAAAAABgo/-HTvyNRviV8bWUJFKUp52Vg92yn6eVuAQCLcB/s72-c/Gambar-Pengertian-Perangkat-Keras-Jaringan-Komputer-dan-Fungsinya-634x280.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/10/pengertian-komputer.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/10/pengertian-komputer.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy