Pengertian Komunikasi: Manfaat Dan Syarat Komunikasi

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli 

  • Pengertian komunikasi menurut William J. Seller adalah sebuah proses di mana simbol nonverbal serta verbal dikirimkan, di terima dan di beri makna. 
  • Pengertian komunikasi menurut Raymond Ross adalah sebuah proses yang menyortir, memilikh dan mengirim simbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga dapat membantu pendengar dalam membangkitkan daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikiran yang selaras dengan yang disebut oleh komunikator. 
  • Pengertian komunikasi menurut Carl I. Hovland adalah sebuah proses yang mungkin seseorang dapat menyampaikan rangsangan atau dengan simbol verbal yang bertujuan untuk mengubah pola perilaku orang lain. 
  • Pengertian komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy adalah sebuah proses dalam menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain dengan bertujuan untuk memberitahu, mengeluarkan pendapat, mengubah pola sikap atau perilaku baik langsung ataupun tidak langsung. 
  • Pengertian komunikasi menurut Colin Cherry adalah sebuah proses yang pihak-pihak saling menggunakan informasi dalam mencapai tujuan secara bersama serta mengaitkan hubungan antar penerus rangsangan dan pembangkitan balasannnya. 
  • Pengertian komunikasi menurut Forsdale adalah sebuah proses yang dalam sistem terbentuk dan dipelihara dan di ubah dengan bertujuan supaya beberapa sinyal yang dikirimkan dan dapat diterima dengan dilakukan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. 
  • Pengertian komunikasi menurut Everett M. Rogers adalah satu proses di mana ide dialihkan dari satu sumber ke penerima lainnya dengan tujuan untuk mengubah pola perilaku mereka. 
  • Pengertian komunikasi menurut Ruben dan Steward adalah sebuah proses mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam sebuah komunitas, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan tujuan beradaptasi dengan lingkungan yang satu dengan yang lain. 
  • Pengertian komunikasi menurut Deddy Mulyana terdiri atas tiga konseptual yaitu komunikasi sebagai interaksi, komunikasi sebagai interaksi dan komunikasi sebagai tindakan satu arah. 
  • Pengertian komunikasi menurut William I. Tirai dapat dikategorikan menjadi empat yaitu komunikasi instrumental, komunikasi ritual, komunikasi sosial, dan komunikasi ekspresif. 
  • Pengertian komunikasi menurut Ruben dan Steward dalam ilmu komunikasi yaitu komunikasi adalah sebuah kegiatan kompleks, komunikasi merupakan sebuah bidang yang popular, komunikasi adalah hal yang vital untuk sebuah kedudukan atau posis yang efektif, komunikasi adalah suatu hal yang mendasar dalam kehidupan serta komunikasi adalah sebuah pendidik yang tinggi serta tidak jadi kompetensi komunikasi yang baik. 
Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga komunikasi sangat diperlukan untuk membantu manusia dalam melakukan interaksi dengan yang lain, karena pastinya disetiap kesempatan ternyata kita sangat membutuhkan komunikasi untuk membantuk kita dalam mengerti orang lain seperti apa keperluan serta keinginan orang lain lalu dipakai untuk kepentingan bersama. 

Beberapa orang sudah menjadikan komunikasi sebagai alat untuk dapat lihat serta bisa memahami orang lain secara menyeluruh untuk menghindari komunikasi yang tidak efisien di mana terjadi saat ada ketidaksesuaian dengan apa yang diinginkan dengan apa yang nantinya berjalan sehingga akan menimbulkan hilang arah atau salah arah. Apalagi jika kita berada dalam sebuah lingkungan atau organisasi yang didalamnya ada beragam jenis individu dengan karakter atau sifat yang berbeda-beda juga dan tingkat pendidikan serta pemahaman yang juga beda. Oleh karena itu, kemampuan dalam komunikasi menjadi hal yang perlu untuk dapat bekerja dengan orang lain. 

Komunikasi efektif dapat terjalin secara baik jika kedua belah pihak sudah saling mengakui kelebihan serta kekurangan orang lain dan dapat mengerti kelemahan yang ada pada diri orang lain. Oleh karena itu, setiap hambatan bisa teratasi dengan baik, segala macam ego yang ada dalam diri kita bisa dihilang sehingga akan tertinggal hanya keinginan untuk dapat saling memahami antara satu sama lain secara seutuhnya tanpa mengharapkan adanya pamrih. Berikutnya akan keluar rasa percaya antar individu dalam sebuah kondisi yang tercipta dengan baik sehingga setiap hambatan atau tantangan bisa diatasi dan bisa bekerjasama dengan baik. Sebab setiap individu mempunyai semangat yang sama untuk bangun serta membantu yang lain. Dengan komunikasi efektif jalinan antar individu bisa berkembang menjadi hubungan yang sangat berguna untuk diri sendiri maupun orang lain bisa saling menguntungkan antara sesama individu. 

Dalam komunikasi terdapat 5 tingkatan komunikasi yaitu sebagai berikut ini : 

  1. Komunikasi massa bisa diartikan sebagai sebuah bentuk komunikasi yang ditujukan pada ruang lingkungan hidup yang lebih luas dari jenis-jenis komunikasi yang ada di awal serta dikerjakan melalui sebuah perantara yaitu media bikin maupun media elektronik sehingga pesan yang sama dapat di terima dengan cepat dan serentak. 
  2. Komunikasi organisasi bisa dimakna sebagai bentuk komunikasi dilakukan untuk mempunyai ruang lingkup yang lebih luas. 
  3. Komunikasi Grup dapat terjadi dalam penerimaan serta pengirim berbagai informasi organisasi dalam satu kelompok informal ataupun formal dari sebuah organisasi dengan jumlah anggota relatif sedikit. bentuk komunikasi ini dapat dikerjakan dengan melebihi dari 2 orang tetapi memiliki ruangan lingkungan hidup yang kecil, di mana tiap individu memiliki pandangan dari setiap informasi yang di sampaikan. 
  4. Komunikasi antarpribadi dapat dimaknai sebagai bentuk komunikasi yang dikerjakan oleh seorang dengan yang lain secara personal. Bentuk komunikasi antarpribadi ini bisa dikerjakan lewat cara bertatap muka dua orang tetapi umumnya tidak dikerjakan secara tatap muka. 
  5. Komunikasi intrapribadi yakni sebuah bentuk komunikasi yang terjadi dalam diri seorang seperti proses dalam memproses informasi lewat system sara serta pancaindra manusia. Bentuk komunikasi ini bisa dikerjakan pada satu orang saja, seumpama berkomunikasi dengan sendiri atau tengah mengkhayal. 

Tujuan Komunikasi

Pada umumnya, tujuan komunikasi yaitu seperti berikut:
  1. Agar yang di sampaikan komunikator bisa dipahami oleh komunikan. Supaya bisa dipahami oleh komunikan maka komunikator butuh menerangkan pesan utama dengan sejelas-jelasnya serta sedetail mungkin.
  2. Supaya bisa mengerti orang lain. Dengan lakukan komunikasi, tiap-tiap individu bisa mengerti individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain.
  3. Supaya pendapat kita di terima orang lain. Komunikasi serta pendekatan persuasif adalah langkah supaya ide kita di terima oleh orang lain.
  4. Menggerakkan orang lain untuk lakukan suatu hal. Komunikasi serta pendekatan persuasif kita dapat bangun kesamaan presepsi dengan orang lalu menggerakkannya sesuai keinginan kita.

Manfaat Komunikasi

Manfaat serta efek yang diakibatkan komunikasi mempunyai beberapa fungsi yang sangat berperan dalam kehidupan orang-orang. Pada umumnya, manfaat komunikasi yaitu seperti beriku :
  1. Sebagai Kendali : Manfaat komunikasi sebagai kendali mempunyai makna kalau komunikasi melakukan tindakan untuk mengatur tingkah laku orang lain atau anggota dalam cara-cara yang perlu dipatuhi.
  2. Sebagai Motivasi : Komunikasi memberi perubahan dalam memotivasi dengan memberi penjelasan dalam beberapa hal tentang kehidupan kita.
  3. Sebagai Pengungkapan Emosional : Komunikasi mempunyai fungsi dalam mengungkap perasaan-perasaan pada orang lain, baik itu suka, senang, kecewa, tak senang. serta lain-lainnya.
  4. Sebagai Info : Komunikasi memberi info yang dibutuhkan dari tiap-tiap individu serta grup dalam memutuskan dengan melanjutkan data serta menilainya penentuan alternatif.

Proses dan Syarat Komunikasi

Sebagai suatu proses, komunikasi mempunyai persamaan dengan bagaimana seseorangmengekspresikan perasaan, hal-hal yang berlawanan (kontradiktif), yang sama (selaras, serasi),serta meliputi proses menulis, mendengarkan, dan mempertukarkan informasi.Menurut Bovee dan Thill, proses komunikasi terdiri atas enam tahap, yaitu:
  1. Pengirim mempunyai suatu idea tau gagasan
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan 
  3. Pengirim menyampaikan pesan
  4. Penerima menerima pesan 
  5. Penerima menafsirkan pesan 
  6. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim
Dalam berkomunikasi dibutuhkan syarat dalam pemakaiannya. Syarat komunikasi yaitu seperti berikut :
  • Source (sumber) : Source yaitu basic dalam penyampaian pesan dalam rencana menguatkan pesan tersebut. Sumber komunikasi yaitu orang, instansi, buku dan sebagainya.
  • Komunikator : komunikator yaitu pelaku penyampain pesan yang berbentuk individu yang tengah bicara atau penulis, bisa pula berbentuk grup orang, organisasi komunikasi seperti tv, radio, film, surat berita, dsb.
  • Pesan : pesan yaitu keseluruhnya yang di sampaikan oleh komunikator. Pesan memiliki topik paling utama sebagai pengarah dalam usaha merubah sikap serta perilaku orang lain.
  • Saluran (channel) : Saluran yaitu komunikator yang dipakai dalam mengemukakan pesan. Saluran komunikasi berbentuk saluran resmi (resmi) serta saluran informal (tak resmi). Saluran resmi yaitu saluran yang ikuti garis wewenang dari satu organisasi, seperti komunikasi pada pimpinan serta bawahannya, sedang saluran informal yaitu saluran yang berbentuk desas-desus, berita burung serta berita angin.
  • Komunikan : komunikan yaitu penerima pesan dalam komunikasi yang berbentuk individu, grup serta massaEffect (hasil) : effek yaitu hasil akhir dari satu komunikasi dengan bentuk terjadinya pergantian sikap serta tingkah laku komunikan. Pergantian itu dapat sesuai sama apa yang diinginkan atau tidak cocok dengan hasrat komunikator.

Fungsi Komunikasi

Banyak sekali fungsi komunikasi yang bisa diambil dalam kehidupan sehari-sehari. Nah, dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari komunikasi.
  1. Sebagai Informasi: Komunikasi memberikan suatu informasi yang diperlukan dari setiap individu ataupun kelompok dalam mengambil suatu keputusan dengan meneruskan data untuk menilai beberapa pilihan yang akan diputuskan.
  2. Sebagai Kendali: Fungsi komunikasi sebagai kendali mempunyai arti bahwa komunikasi berperan untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi oleh semua pihak.
  3. Sebagai Motivasi: Komunikasi memberikan dalam hal memotivasi melalui penjelesan yang dilakukan oleh para motivator

Model-model Komunikasi

  • Model S – R

Model stimulus – respon (S – R) merupakan model komunikasi yang paling dasar. Model ini dipengaruhi oleh disiplin ilmu psikologi, terutama yang beraliran behavioristik. Model ini menunjukan bahwa komunikasi sebagai aksi reaksi yang sederhana.

Misalnya jika seorang lelaki berkedip kepada seorang wanita, kemudian wanita itu tersipu malu, itulah yang disebut pola S – R. Pola S – R juga dapat berlangsung negatif, misalnya ada orang yang menatap orang lain dengan tatapan tajam, bisa jadi orang yang ditatapnya itu akan balik menatap, atau menunduk malu, atau malah memberontak.

  • Model Aristoteles

Model Aristoteles adalah model komunikasi yang paling klasik, sering juga disebut dengan model retoris. Model komunikasi ini terjadi ketika seorang pembicara berbicara kepada khalayak dalam upaya untuk mengubah sikap mereka. Dalam hal ini ia mengemukakan tiga unsur dasar dalam proses komunikasi, yaitu pembicara, pesan, dan pendengar.

  • Model Lasswell

Model komunikasi Lasswell merupakan ungkapa verbal yang tersusun sebagai berikut:

Who-Says What-In Which Channel-To Whom-With What Effect?

Model ini dikemukakan oleh Harold Lasswell tahun 1948 yang menggambarkan proses komunikasi dan fungsi-fungsi yang diembannya dalam masyarakat. Lasswell mengemukakan tiga fungsi komunikasi, yaitu: pengawasan lingkungan, korelasi berbagai bagian yang terpisah dalam masyarakat untuk merespon lingkungan dan transmisi warisan sosial dari suatu generasi ke generasi lainnya. Lasswell menyatakan bahwa tidak semua komunikasi itu bersifat dua arah. Model komunikasi Lasswell sering diterapkan dalam komunikasi massa. Model tersebut mengisyaratkan bahwa komunikasi lebih dari satu saluran dapat membawa pesan.

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,1,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,6,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,79,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,207,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,kjp,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,116,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,33,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,35,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,51,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,20,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,33,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,3,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,17,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Pengertian Komunikasi: Manfaat Dan Syarat Komunikasi
Pengertian Komunikasi: Manfaat Dan Syarat Komunikasi
https://1.bp.blogspot.com/-VElvjiP09ws/WBF_nLuEXII/AAAAAAAABe0/oOLb7WGpAjwxA2nARf8H5rNihtMyfJvkgCLcB/s400/pengertian%2Bkomunikasi.png
https://1.bp.blogspot.com/-VElvjiP09ws/WBF_nLuEXII/AAAAAAAABe0/oOLb7WGpAjwxA2nARf8H5rNihtMyfJvkgCLcB/s72-c/pengertian%2Bkomunikasi.png
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/10/pengertian-komunikasi.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/10/pengertian-komunikasi.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy