Trump dan Janji Menjadi Presiden Semua Warga AS

Donald Trump memenangi pemilihan Presiden AS 2016 (Foto: Huffingtonpost)


Ngelmu.com – Donald Trump memenangi pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 atas rivalnya, Hillary Clinton. Trump berjanji akan menjadi presiden bagi semua warga AS.

Amerika Serikat telah memilih presiden baru. Capres Partai Republik, Donald Trump, muncul sebagai pemenang pemilihan Presiden USA. Berdasarkan penghitungan, Trump telah meraih 276 electoral vote, meninggalkan Hillary, capres Partai Demokrat, yang meraih 218 electoral vote, seperti dilansir Washington Post, Rabu (9/11/2016). Dengan perolehan ini berarti miliarder Partai Republik itu telah melampaui ketentuan 270 electoral vote yang harus direbutnya untuk memenangkan pilpres USA 2016.

Dalam pidato kemenangannya, sang wakil Mike Pence lebih dulu menyatakan bahwa kini Amerika Serikat mempunyai jawaban baru yang akan membuat negara adikuasa tersebut kembali hebat.

“Amerika sudah memilih juara baru, presiden baru. Saya pribadi juga sangat berterima kasih kepada rakyat Amerika. Visinya akan membuat Amerika berjaya lagi. Jadi kehormatan buat saya, mari kita sambut Donald Trump!,” seru Pence.

Trump menyatakan sudah mendapatkan telepon dari Hillary yang memberikan ucapan selamat atas kemenangannya di Pilpres AS 2016. “Saya baru saja menerima telepon dari (Hillary) Clinton. Dia memberi ucapan selamat. Dia juga sudah bertarung sangat sengit. Pertarungan yang lama dan berat, tapi sekarang waktunya kita bersama-sama menjadi masyarakat AS yang bersatu,” ujar Trump.

Pilpres USA 2016 disebut sebagai pemilu yang paling memecah-belah sepanjang sejarah AS. Dalam pidato kemenangannya, Trump mengakui adanya perpecahan tersebut.

"Sekarang saatnya bagi Amerika untuk membalut luka perpecahan," ujar Trump, dilansir kantor berita AFP.

"Saya berjanji pada semua warga negara di tanah air kita bahwa saya akan menjadi presiden bagi semua warga Amerika," imbuh Trump yang disambut sorak-sorai para pendukungnya di New York.

Trump dan istrinya, Melania (Foto: Vox)
Trump juga memuji rivalnya, Hillary, atas dedikasinya pada publik selama bertahun-tahun. Hillary telah bekerja sangat lama dan sangat keras dalam kurun waktu yang panjang, dan kita harus banyak berterima kasih untuk jasanya pada negara kita," kata Trump.

Pilpres AS menggunakan sistem yang biasa disebut electoral college yang pada intinya adalah sekelompok orang yang memilih pemenang. Jumlahnya 538, dan untuk menjadi presiden seorang calon harus mendapatkan setidaknya 270.

Setiap negara bagian punya jumlah 'elector' yang didasarkan pada populasi. Ketika seseorang mencoblos, sebenarnya yang mereka pilih adalah elector ini. Elector sudah diketahui posisinya, apakah akan memilih Hillary atau Trump.

Yang menarik adalah, di hampir semua negara bagian (kecuali Nebraska dan Maine), berlaku prinsip the winners takes all, yaitu pemenang akan mendapatkan semua jumlah elector di negara bagian tersebut. Misalnya, pemenang di New York akan mendapatkan 29 electoral votes. Untuk mendapatkan 270, hasil di negara-negara bagian yang berpotensi dimenangkan baik oleh Demokrat atau Republik, biasa disebut swing state, sering kali menjadi penentu hasil pilpres.

Dunia Bereaksi

Pemerintah Jerman mengomentari hasil kemenangan Trump. Berbicara di televisi Jerman, Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen menyebut kemenangan Trump yang hampir pasti itu merupakan "kejutan besar".

"Saya pikir Trump tahu bahwa ini bukan suara untuk dirinya, tapi lebih untuk melawan Washington, melawan pemerintahan," tuturnya pada media ARD, dikutip Reuters, Rabu (9/11/2016).

Respons serupa disampaikan Norbert Roettgen, anggota senior Partai Konservatif pimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel. Dikatakan pejabat yang menjadi kepala komisi urusan luar negeri Parlemen Jerman tersebut, Pemerintah Jerman tidak tahu apa yang akan dilakukan Trump jika dia memenangkan pilpres AS.

"Kami saat ini menyadari bahwa kami tidak tahu apa yang akan dilakukan Presiden Amerika ini, jika suara kemarahan itu memimpin dan suara kemarahan itu menjadi orang paling kuat di dunia," cetus Roettgen yang merupakan anggota senior partai Christian Democratic Union (CDU) yang dipimpin Merkel.

"Secara geopolitik, kita dalam situasi yang sangat tidak menentu," imbuhnya dalam wawancara dengan radio Jerman, Deutschlandfunk.

Trump dan Hillary (Foto: Newsweek)
Dari dalam negeri AS sendiri, setidaknya sembilan selebritis Hollywood telah berjanji untuk hengkang dari negara tersebut jika Trump menang. Di antaranya:

1. Barbara Streisand: "Saya tidak bisa mempercayai itu, saya lebih baik datang ke negara Anda jika diizinkan, mungkin Kanada."

2. Miley Cyrus
Bintang pop muda itu mengatakan merupakan mimpi buruk jika Trump memenangkan pemilu.

3. Lena Dunham
Dunham mengaku 100 persen akan pindah ke Kanada jika Trump terpilih sebagai Presiden AS.

4. Amy Schumer: "Saya perlu belajar bahasa Spanyol karena aku akan pindah ke Spanyol atau suatu tempat, ini di luar pemahaman jika Trump menang."

5. Jon Stewart
Stewart menuturkan akan mempertimbangkan ikut perjalanan ke planet lain jika Trump menang.

6. Cher
Serupa dengan Jon Stewart, tapi Cher lebih memilih Jupiter jika Trump memang.

7. Samuel L Jackson: "Jika orang itu menjadi presiden, saya akan memindahkan bokong hitam saya ke Afrika Selatan."

8. Whoopi Goldberg: "Mungkin sudah waktunya bagi saya untuk pergi, Anda tahu, saya mampu untuk pergi.

9. Neve Campbell
Campbell mengaku masih tidak mengerti apa motivasi yang dimiliki Partai Demokrat dengan mencalonkan Donald Trump.

Sementara, Presiden Jokowi meminta agar Indonesia menghormati proses pemilihan di Amerika Serikat. Jokowi pun menekankan bahwa Indonesia menghargai siapapun yang menjadi pilihan rakyat Amerika.

"Apapun yang menjadi pilihan rakyat Amerika, saya kira kita sangat menghargai," katanya usai acara penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara.

Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)
Presiden juga meyakini bahwa pemimpin baru Amerika Serikat kelak tidak akan berpengaruh terhadap hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dengan Amerika Serikat selama ini. Amerika Serikat sendiri diketahui termasuk dalam lima besar investor di Indonesia.

"Hubungan kita tetap akan baik, terutama hubungan dagang dan investasi. Kita tahu Amerika termasuk investor lima besar di Indonesia. Saya kira tidak akan ada perubahan," ujarnya.

Trump Kontroversial

Selama kampanyenya, Trump kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial yang menuai kemarahan banyak pihak. Mulai dari ancamannya untuk melarang muslim masuk ke AS, mendeportasi para imigran ilegal, hingga mencabut sejumlah kesepakatan perdagangan bebas.

Berikut 10 hal kontroversial yang dilontarkan Trump selama kampanye, dilansir BBC:

1. Harus ada pengawasan di masjid-masjid Amerika Serikat. Trump menyatakan Muslim harus diawasi penegak hukum sebagai program kontra terorisme dan tidak peduli bila dianggap pengawasan masjid langkah yang tak tepat secara politik.

2. Amerika Serikat harus menggunakan waterboarding atau penyiksaan tahanan dengan menenggelamkan kepala dan metode "interogasi keras" lain untuk memerangi kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS. Ia mengatakan metode ini sebagai "kacang" bila dibandingkan dengan taktik yang digunakan militan, seperti pemenggalan.

3. Trump akan membom keluar ISIS. Ia mengklaim tidak ada calon lain yang lebih keras terhadap ISIS dan dia akan memperlemah militan dengan memotong jalur mereka untuk minyak.

4. Ia ingin membangun "tembok raksasa" antara Amerika dan Meksiko agar imigran gelap tak masuk, termasuk migran Suriah. Trump mengatakan, warga Meksiko yang masuk ke Amerika sebagian besar adalah penjahat. "Mereka membawa obat bius, penjahat dan mereka adalah pemerkosa," katanya. Ia mengatakan Meksiko harus membayar tembok raksasa itu yang menurut analisa bernilai antara USD2,2 miliar sampai USD13 miliar.

5. Deportasi massal sekitar 11 juta imigran ilegal yang tinggal di Amerika Serikat akan diberlakukan. Gagasan Trump dikritik sebagai kekhawatiran berlebihan dan sangat mahal, dengan perkiraan USD114 miliar. Ia juga akan mengakhiri "hak kewarganegaraan karena lahir", kebijakan yang memberikan anak-anak imigran gelap kewarganegaraan karena lahir di Amerika.

(Foto: Dailymail)
6. Trump dan Vladimir Putin akan "sangat cocok". Dalam wawancara dengan CNN, Trump mengatakan Putin dan Obama tidak saling menyukai sehingga sulit bernegosiasi, namun "Saya mungkin akan sangat cocok dengannya. Dan saya rasa tidak akan ada masalah seperti yang ada sekarang."

7. China harus dibebani tugas menangani sejumlah isu agar perdagangan dengan Amerika Serikat lebih berimbang. Bila terpilih, Trump mengatakan ia akan membuat China menghentikan langkah mengurangi nilai mata uangnya dan memaksa Beijing meningkatkan standar lingkungan dan buruh.

8. Perumbahan iklim hanyalah "cuaca". Trump percaya bahwa isu penting menjaga "udara bersih" dan "air bersih", namun menyebut perubahan iklim "palsu" dan percaya pembatasan lingkungan dalam sektor bisnis akan mengurangi persaingan di pasar global.

9. Dunia akan lebih baik bila Saddam Hussein dan Muammar Gaddhafi masih berkuasa. Trump mengatakan kepada CNN, ia percaya situasi di Libia dan juga Irak "jauh lebih buruk" dibandingkan saat dua diktator itu masih ada.

10. Trump adalah "orang yang sangat baik". Dalam bukunya yang diterbitkan baru-baru ini, Crippled America, ia menulis, "Saya orang yang sangat baik, percayalah. Saya bangga karena menjadi orang baik dan saya juga bersemangat dan bertekad akan menjadikan negara kita kembali besar."

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,1,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,6,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,1,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,79,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,207,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,kjp,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,116,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,33,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,35,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,51,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,20,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,33,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,3,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,17,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Trump dan Janji Menjadi Presiden Semua Warga AS
Trump dan Janji Menjadi Presiden Semua Warga AS
https://3.bp.blogspot.com/-I5KY_1_BK5A/WCMCwuOVm6I/AAAAAAAAAM8/wuUqQ7Gj5Q4qbn2R4ZYedsFz6ujmctOdQCLcB/s640/trump_hp.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-I5KY_1_BK5A/WCMCwuOVm6I/AAAAAAAAAM8/wuUqQ7Gj5Q4qbn2R4ZYedsFz6ujmctOdQCLcB/s72-c/trump_hp.jpg
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/11/trump-dan-janji-menjadi-presiden-semua.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/11/trump-dan-janji-menjadi-presiden-semua.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy