Warisan Fidel Castro untuk Kamu yang Mengaku Revolusioner

Sebuah anekdot yang beredar di dunia maya beredar luas setelah wafatnya Pemimpin Kuba Fidel Castro. Castro kabarnya pernah bersumpah tidak akan mati sampai Amerika Serikat hancur. Tampaknya sekarang ia baru bisa wafat dengan tenang setelah rakyat Amerika Serikat memilih Donald Trump sebagai presiden mereka.


Fidel Castro adalah salah satu sosok yang turut membentuk sejarah dunia di abad ke-20. Berhasil selamat dari tidak kurang 600 usaha pembunuhan oleh lawan-lawannya baik di dalam maupun luar negeri, akhirnya pria yang memiliki kharisma tersendiri ini tidak pula bisa menolak hukum Tuhan: berasal dari tanah dan kembali ke tanah. Pada tanggal 26 November 2016, di usia 90 tahun, Castro meninggal dunia di negeri tercintanya.

Castro menjadi pemimpin Kuba dari tahun 1959 hingga 2006. Ia secara formal menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul Castro, pada tahun 2008. Wafatnya Castro menandakan akhir sebuah era. Castro sendiri merupakan tokoh komunis old school  terakhir yang wafat menyusul “rekan-rekannya” Mao Zedong, Kim Il-sung, Nikita Khrushchev dan Leonid Brezhnev.

Seperti halnya musuh-musuh Amerika Serikat lain, para pemimpin dunia yang berani menentang Paman Sam selalu memperoleh label “penjahat”. Demikian pula halnya dengan Castro. Pada akhirnya yang “berhak” menentukan siapa penjahat dan siapa jagoan dan menulis sejarah adalah para pemenang. Dan Castro, sayangnya, tidak berada di barisan para pemenang. Meskipun demikian, seperti halnya keping keberuntungan Paman Gober yang memiliki dua sisi, Castro juga tidak pergi tanpa meninggalkan “warisan” (legacy). Berikut ini adalah warisan Castro untuk Kuba dan dunia.

Revolusioner Muda yang Menentang Imperialisme
 
Fidel dan Che, dua ikon kaum revolusioner dunia
Seperti halnya pemimpin di eranya, Fidel tidak memulai karir politiknya dengan promosi di televisi dan memasang spanduk-spanduk ajakan untuk memilihnya menjadi anggota parlemen atau kepala daerah. Fidel memulai karir politiknya dalam bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan. Sejak menjadi mahasiswa di Universitas Havana Fidel mulai terlibat dalam aksi perlawanan terhadap pemerintah korup boneka Amerika Serikat di kawasan Amerika Latin.

Pada tahun 1947, Fidel ikut dalam upaya kudeta diktator Republik Dominika Rafael Trujillo. Setelah aksi ini Fidel sempat melarikan diri ke New York, USA, setelah dia mendapat ancaman pembunuhan dari lawan politiknya. Mengisi waktu pelariannya, Fidel berhasil meraih doktor di bidang hukum pada tahun 1950. Setelah itu, dia memutuskan untuk kembali ke Kuba. Di sana, Fidel kembali ikut serta dalam aksi memprotes dan memimpin gerakan bawah tanah anti-pemerintah atas pengambilalihan kekuasaan lewat kudeta oleh Fulgencio Batista pada tahun 1952. Tahun tahun 1953, Fidel memimpin serangan ke barak militer Moncada Santiago de Cuba, namun sayangnya usaha ini mengalami kegagalan. Sebanyak 69 orang dari 111 orang yang ambil bagian dalam serbuan itu tewas sedangkan dia sendiri ditangkap dan dipenjara selama 15 tahun.

Fidel mendapatkan pengampunan dan dibebaskan pada tanggal 15 Mei 1955, ia langsung memimpin upaya penggulingan diktator Batista. Perlawanan ini kemudian dikenal dengan Gerakan 26 Juli. Pada 7 Juli 1955, dia melarikan diri ke Meksiko dan bertemu dengan pejuang revolusioner Che Guevara. Bersama 81 orang lainnya, dia kembali ke Kuba pada 2 Desember 1956 dan melakukan perlawanan gerilya selama 25 bulan di Pegunungan Sierra Maestra. Usaha menggulingkan pemerintahan yang sedang berkuasa ini membuahkan hasil.

Pemerintahan baru pun terbentuk di Kuba di mana Fidel sendiri ditunjuk untuk menjadi perdana menteri pada tahun 1959. Pada tahun 1965, Fidel Castro tampil sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba (Communist Party of Cuba) dan mulai menjalankan transformasi Kuba ke dalam republik sosialis satu-partai. Bersama partainya ini, Fidel maju ke pemilihan presiden Kuba. Pada tahun 1976, Fidel Castro akhirnya terpilih dan resmi dilantik untuk menjadi presiden Kuba. Dari sini, Fidel mulai membenahi segala carut marut yang terjadi di Kuba.

Menentang Amerika Serikat Demi Kemandirian Ekonomi Kuba
 
Berani menentang AS, Castro sering akan dibunuh
Di kancah internasional, Fidel juga mulai menggalang kekuatan untuk melawan dominasi Amerika Serikat. Castro menolak untuk bermain dengan cara Amerika. Pada tahun 1960 Castro melakukan nasionalisasi perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat yang waktu itu beroperasi di Kuba, termasuk pengilangan minyak, pabrik dan kasino. Akibatnya Washington memutuskan untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan Havana sekaligus menerapkan embargo ekonomi yang berlangsung sampai tahun 2015.

Hancurnya hubungan kerja sama dengan Washington mengakibatkan Kuba sangat tergantung kepada Uni Soviet yang saat itu masih merupakan kekuatan besar dunia. Kondisi ini mengakibatkan Kuba semakin dimusuhi oleh Amerika Serikat yang puncaknya menimbulkan insiden Teluk Babi dan krisis misil Kuba yang nyaris mengakhiri perang dingin dan menciptakan perang nuklir sekaligus perang dunia ketiga, Castro nyatanya bisa menemukan cara untuk melindungi rakyatnya. Cap komunis yang diberikan pada Castro karena memilih untuk menjalin kerja sama bilateral dengan Uni Soviet menjamin rakyat Kuba tetap terpenuhi kebutuhan dasarnya meskipun Amerika Serikat melakukan boikot terhadap negara tersebut.

Dampak dari kenekatan Fidel untuk menantang Amerika Serikat ini masih terasa sampai sekarang. Rakyat Kuba memang tetap bisa hidup dan terpenuhi kebutuhan dasarnya, termasuk juga mendapatkan layanan kesehatan gratis yang tidak kalah dari negara-negara maju. Sektor pendidikan di negara ini juga berkembang dengan baik. Tingkat melek huruf dan partisipasi dalam pendidikan sampai pendidikan tinggi juga lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Amerika Latin. Meskipun demikian dampak dari embargo ekonomi mengakibatkan rakyat Kuba harus bekerja keras demi mendapatkan penghidupan yang layak. Tingkat upah di negara tersebut juga masih minim dan tidak seperti Indonesia, di Kuba barang-barang bermerek sangat sulit diperoleh dan harganya mahal. Bisa dibilang kalau soal kenyamanan hidup, rakyat Jakarta masih lebih beruntung dibandingkan rakyat Havana.

Menciptakan Kuba yang Mandiri dan Berdaulat
 
Castro banyak mengadopsi pemikiran Soekarno mengenai kemandirian ekonomi dan kedaulatan politik
Setelah mengambil alih kepemimpinan di Kuba, Castro menghapuskan diskriminasi hukum yang pada pemerintahan sebelumnya dialami oleh rakyat Kuba. Sebagai seorang pemuda, sebelum masuk ke politik, Castro yang sempat berprofesi sebagai pengacara memang telah banyak mendampingi rakyat Kuba yang hak miliknya dirampas oleh perusahaan-perusahaan besar.

Castro bisa dibilang melakukan yang terbaik untuk membangun Kuba di tengah embargo ekonomi dari Amerika Serikat. Di eranya listrik mulai mengaliri desa-desa terpencil di Kuba. Ia juga melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan lapangan kerja dan mendorong sektor pendidikan dan kesehatan dengan cara membangung fasilitas-fasilitas pendidikan dan kesehatan di seantero negeri.

Meskipun demikian tidak bisa pula ditiadakan upaya-upaya Castro untuk menjegal lawan-lawan politiknya dengan cara-cara “kasar”. Pemerintahannya membredel surat-surat kabar yang menentang pemerintah, memenjarakan lawan-lawan politik dan meniadakan pemilu. Castro juga membatasi luas lahan yang bisa dimiliki oleh perorangan, melarang bisnis pribadi dan melakukan pembatasan perumahan dan peredaran makanan.

Ketika Soviet runtuh di awal tahun 1990-an, Amerika Serikat melakukan pengetatan embargo terhadap Kuba dengan harapan menundukkan negara tersebut. Tapi nyatanya Fidel berhasil menemukan partner dagang baru dengan negara-negara di kawasan Amerika Latin lainnya sehingga dampak pengetatan embargo terhadap ekonomi Kuba bisa diminimalisir.

Kuba membangun negara dan rakyatnya dengan mengandalkan kekuatan ekonominya sendiri. Bukan mengandalkan utang luar negeri. Inilah prinsip berdikari di bidang ekonomi yang diajarkan Bung Karno, tetapi dipraktikkan secara konsisten oleh Castro. Dengan berdikari dibidang ekonomi, Kuba dapat mempertahankan kedaulatan politiknya dan juga kebudayaan nasionalnya.

Dengan program pembangunan yang berbasis ajaran Bung Karno itu, Kuba kini merupakan negara kecil yang berpotensi besar. Di bidang kesehatan, Kuba mendapat pengakuan dari WHO sebagai salah satu negara dengan tingkat pemeliharaan kesehatan terbaik di dunia.Tingkat kematian bayi hanya 6,2 per 1.000 kelahiran dan usia harapan hidup mencapai rata-rata 76 tahun.

Tokoh Gerakan Non Blok 

Castro menjadi salah satu pemimpin dunia yang ikut berperan dalam gerakan non-blok. Ia menjabat sebagai Sekretaris Jendral sejak tahun 1979 sampai 1982. Saat ini gerakan non-blok masih ada dengan Sekjen Hassan Rouhani dari Iran. Meskipun demikian GNB tampak semakin tidak memiliki relevansi sejak berakhirnya Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet.

Manifesto Dukung Palestina
 
Di masa tuanya Fidel lebih memilih untuk mundur dari hingar bingar politik dan fokus kepada isu-isu kemanusiaan. Pertemuannya dengan Paus Francis di tahun 2015.
Pada bulan Agustus 2014 Fidel Castro selaku mantan Presiden Kuba menandatangani manifesto internasional buat mendukung Palestina. Manifesto itu menuntut Israel menghormati resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menarik pasukannya dari Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

Manifesto itu meminta para pemerintah di seluruh dunia menuntut Israel untuk menghormati resolusi dari Dewan keamanan PBB nomo 242 yang disusun setelah Perang Enam Hari pada 1967.

Castro sebelumnya menuding Israel tengah mempraktikkan bentuk baru fasisme melalui operasi militernya terhadap Palestina.


Seperti yang kita ketahui pada tahun 2014 lalu, bertepatan dengan Ramadhan, Israel melakukan serangan udara ke Palestina. Konflik tersebut Palestina-Israel menewaskan 1.913 warga Palestina dan 67 orang Israel, hampir seluruhnya tentara.

COMMENTS

loading...
Nama

10 tahun pernikahan,1,14 rumah sakit nakal,1,2 tahun jokowi-JK,2,30 September,1,Aceh,3,Administrasi,1,Agung,1,agus yudhoyono,1,aher,1,ahmad musadeq,1,Ahok,17,Ahok Maju Jalur Partai,4,ahok menghina islam,8,ahok tersangka,2,ahok tidak boleh jadi gubernur,1,ahok tidak ditahan,1,ahok tidak mau cuti,1,Air Zam-zam,1,ajaran islam,1,aksi 2 desember,13,aksi 212,20,aksi 312,1,aksi 412,1,aksi bela islam jilid III,5,aksi damai 212,6,aksi damai bela islam III,6,aksi demo 4 november 2016,6,aksi mata-mata,1,Akuntnsi,1,al maidah ayat 51,3,alasan ahok tidak ditahan polisi,1,amerika,1,amnesti pajak,1,Anak,5,Anak dan Media,1,anak dan remaja,2,analytics,1,Anies Baswedan,3,automotif,2,ayah muda,1,bachtiar nasir,1,Banjir,1,Bank,1,bantuan langsung tunai,1,barang bekas,1,batubara,1,Bela diri Berhijab,1,Berita,15,Biografi,1,Biografi Tokoh,12,Bisnis,1,bisnis makanan halal di AS,1,blt,1,boy sadikin,1,BPJS Palsu,1,bullying,2,bullying dalam kisah doraemon,1,bullying pada anak,2,buni yani,1,buni yani pengunggah video ahok,1,buni yani tersangka,1,calon gubernur dki,3,Cara,7,Cara Memilih Hewan Kurban,1,cara menghindari bullying,1,che guevara,1,Cium Tangan Politisi,1,cuti kampanye ahok,1,dahlan iskan,1,Dari,1,Dasar,1,demo 2 Desember 2016,1,demo 4 november,2,demo bela islam dan isu makar,1,demo bela islam II,2,demo bela islam III,1,demo BEM seindonesia,1,demo mahasiswa,1,demo tolak pemimpin kafir,1,demo tolak reklamasi,2,Demokrasi,1,Deradikalisasi,1,Detik,1,Dirgahayu TNI,2,dirjen pajak,1,Diusir,1,Donald Trump,3,dosa-dosa bersosial media,1,dukun,2,dukun penipu,2,Dunia Islam,7,dunia mistis,2,Durian Lokal Unggul,1,Ekonomi,4,ekosistem,1,Eksekusi Mati,1,elly risman,6,Email,1,Epilog,1,Erdogan,2,fashion,1,Fethullah Gulen,1,fidel castro,1,fidel castro dies,1,fidel castro meninggal,1,fidel castro wafat,1,Filsafat,1,fotografi,1,gadget,3,Gadget Nokia,1,gafatar,1,Games Terbaru,1,Garam,1,gas air mata,1,Gaya Hidup,3,gaya jilbab,1,Globalisasi,1,GNPF MUI,1,Go-Jek,1,gubernur jawa barat,1,Gula,1,habib rizieq shihab,2,Habibie,4,Haji,4,Haji 2016,1,Hak Asasi Manusia,2,halal haram,1,hari pahlawan,1,hayono isman,1,Hewan,1,Hijab,1,Hoax,1,hujan saat aksi 212,1,Hukum,3,Hutan Indonesia,1,Ibrah Renungan,86,Ideologi,1,Idul Adha,1,Ikan Paus,1,Ilmu,1,ilmu sihir,1,imunisasi,3,Indonesia,3,Indonesia Raya,1,informasi pendidikan,1,Inspirasi,2,Internet,2,ISIS,1,Istri Bung Tomo Tutup Usia,1,Isu Hangat,229,isu makar,1,isu reshuffle Kabinet 2016,2,jajanan anak,1,jajanan berbahaya,1,jajanan sekolah,1,Jalan Raya,1,Jasmani,1,jembatan roboh,1,jilbab,1,jilbab indonesia,1,Joko Widodo,1,Jokowi,2,Jokowi Rombak Kabinet Jilid II,1,jpo pasar minggu roboh,1,jpo roboh,1,kader partai yang membelot di pilkada dki,1,kafir,1,kajian reklamasi,1,Kandungan Vaksin,1,kapolri Tito Karnavian,1,karakteristik korban bullying,1,kartu jakarta pintar,1,kasus penistaan agama,3,kasus vaksin palsu,2,Kata Mutiara Habibie,1,Keamanan Siber,1,Kebudayaan,1,Kebugaran,1,Keislaman,1,kelompok radikal,1,keluarga,2,kemenkes,1,kenapa ahok tidak boleh jadi gubernur,1,Kepemimpinan,1,kerajinan tangan,1,Kerusuhan SARA di Medan,2,Kesehatan,17,Kesehatan Mata,1,Keutamaan,5,kiamat,1,Kisah,1,Kivlan Zein,1,kjp,1,KKR Natal,1,klenik,1,Kolam Renang Unik,1,Kompetisi Halal Dunia,1,Komputer,1,Komunikasi,1,konflik suriah,1,Konstitusi,1,Koperasi,1,korban terorisme,1,KPK,1,Kucing,1,Kucing Anggora,1,Kudeta Turki,6,Lingkungan,4,lukas enembe,1,mafia jpo,1,mafia reklame,1,mahesa kurung,1,mahkamah konstitusi,1,Makam Fiktif Di Jakarta,1,makanan halal,1,makna 4 November,1,Malapetaka Duryudana,1,Manajemen,1,Manfaat,1,manfaat daun patah tulang,1,Marketing,1,Masjid,1,Mata,1,mata-mata,1,Media Sosial,2,megawati soekarnoputri,1,mengenal penipuan skema ponzi,1,menggunakan analytics untuk memenangkan pemilu,1,menjaga kebersihan,1,Metrotv,1,MK,1,MUI,1,Muslim Rohingya,1,Narkoba,1,Nasional,1,Negara,2,ojk,1,Olahraga,40,operasi tangkap tangan KPK,1,Opini,118,Optimalisasi Tax Amnesty Bagi Wajib Pajak dan UMKM,2,Orang Baik,1,orangtua dan anak,3,Organisasi,1,otomotif,2,pahlawan keluarga,1,Pajak,1,Panasbumi,1,pancasila,1,parenting,9,pasangan suami istri,2,Pebalap Lokal Siap Bersaing,1,pegawai ditjen pajak ditangkap KPK,1,pelecehan al quran,1,peluang usaha,1,Pembantaian Muslim,1,pemerintahan jokowi-JK,2,Pemimpin DKI,1,pendidikan,4,pengasuhan anak,7,Pengelolaan Harta,1,pengembang reklamasi,2,Pengertian,34,Pengertian Budaya,1,Pengertian Deradikalisasi,1,Pengertian Pendidikan,1,Pengertian Petahana,1,pengertian provokasi,1,pengertian proxy war,1,pengetahuan,1,pengusaha dan penguasa,1,penipuan,1,penipuan skema piramida,1,Penjarakan Ahok,3,Penutupan Sekolah,1,penyakit akibat tikus,1,penyakit dari sosial media,1,penyakit dari tikus meningkat di musim hujan,1,Perang Narkoba,1,perdukunan,1,Peristia,1,Peristiwa,43,pernikahan,1,pernyataan kapolri tentang demo bela islam III,1,Persis,1,pilkada DKI,4,Pilkada Jakarta 2017,54,Pilpres Amerika,4,PLTU batubara,1,pokemon,2,Polemik Wukuf Di Karbala,1,Politik,21,politik dalam islam,1,Politik Hukum Keamanan,1,politik islam,1,Politik Luar Negeri,1,Polri,1,ponzi scheme,1,Populasi pengguna Internet,1,ppatk,1,praktek perdukunan,1,Predator Anak,1,presiden AS,1,Presiden Joko Widodo,1,Produk Mengandung Babi,1,program cagub DKI,1,program listrik 35.000 MW,1,program perburuan tikus di DKI Jakarta,1,Provokasi,1,psikologi anak,2,Puisi,37,R.A Kartini,1,radikalisme,1,reklamasi teluk jakarta,3,reklamasi untuk siapa,1,renungan,2,Reshuffle Jilid II,7,Reshuffle Kabinet 2016,4,Revisi PP Telekomunikasi,1,Revisi UU Telekomunikasi,1,revolusi jilbab,1,Ridwan Kamil,3,risalah istiqlal,1,rokok,1,ruhut sitompul,1,Rupa,1,Sains,2,sakit jiwa dan sosial media,1,salafi,1,Sampah Jakarta,1,Sandiaga Uno,1,SARA,1,sayembara tikus,1,Sehat secara Islami,1,Sejarah,8,Sejarah Jakarta,1,selingkuh,1,Seni,2,Serba-serbi,4,sertifikat halal,2,seven deadly sins,1,Shalat Tahajud,1,si buni yani,1,Simbol Haji,1,Sistem,1,skema ponzi,1,Soekarno,1,sosial media,1,Sosiologi,1,sosmed,3,Sosok,7,Sri Mulyani,2,stop bullying,2,Suara Mahasiswa Indonesia,1,sugesti,1,sumber energi,1,surat Sri Mulyani,1,Sutan Bhatoegana tutup usia,1,tabligh akbar istiqlal,1,Tanggal Libur 2017,1,Tanjung Balai Medan,2,Tata Cara Berkurban,1,tax amnesty,7,teknologi,8,Telekomunikasi,2,Telkomsel,1,tentang islam,1,terhangat,1,teror perancis 2016,1,Teroris,2,terorisme,2,timnas Indonesia,1,tindakan subversif WN Cina,1,Tips,1,TNI,1,Tokoh,2,tokoh aksi demo 4 november,1,Tokoh Pers Nasional,1,tokoh-tokoh penistaan agama,2,tolak pemimpin kafir,1,tolak reklamasi,2,Turki,1,uji materi UU Pilkada,1,UNAS,1,Universitas Indonesia,1,unjuk rasa mahasiswa,1,UU sertifikasi produk halal,1,vaksin asli,1,vaksin palsu,5,video,22,wahabisme,1,Wakil Rakyat Main Judi,1,Warga Cina tanam benih cabe berbakteri,1,Wiranto,1,Wirausaha,1,wisata,1,Workshop Panasbumi,1,Workshop UI,1,yenny wahid,1,Yusuf Mansur,1,
ltr
item
Ngelmu.com: Warisan Fidel Castro untuk Kamu yang Mengaku Revolusioner
Warisan Fidel Castro untuk Kamu yang Mengaku Revolusioner
https://d.ibtimes.co.uk/en/full/1569987/fidel-castro-dies-aged-90.jpg?w=736&h=442&l=50&t=40&q=80
https://4.bp.blogspot.com/-_Cb536vZuLU/T0TZHV_qL1I/AAAAAAAABNQ/G-nsF7WtRHM/s72-c/SOEKARNO_FIDEL+copy.JPG
Ngelmu.com
http://www.ngelmu.com/2016/11/warisan-fidel-castro-untuk-kamu-yang.html
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/
http://www.ngelmu.com/2016/11/warisan-fidel-castro-untuk-kamu-yang.html
true
2232086029491933273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy